Kapolda Bali Irjen POL Drs. Putu Jayan Danu Putra melalukan peninjau Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem jelang pelaksanaan Idul Fitri 1443 H 2022, pada Selasa (26/4). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra melakukan peninjau Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem, jelang pelaksanaan Idulfitri 1443 H 2022, pada Selasa (26/4). Pengecekan dilakukan guna memastikan kesiapan pihak pelabuhan dan keamanan jelang Lebaran tersebut.

Jayan Danu Putra, mengungkapkan, pengecekan ini dilakukan pihaknya ini untuk melihat kesiapan Pelabuhan Padangbai jelang Idulfitri. Pasalnya, Pelabuhan Padangbai ini yang menghubungkan Bali dengan lombok.

Baca juga:  Jelang Pilkada, Kodim Pantau Situasi Wilayah

Karena banyak warga Lombok yang bekerja di Bali, yang sekiranya akan melaksanakan mudik saat Idulfitri nanti. “Kita sudah terima laporan dari pihak pelabuhan, kalau mereka sudah siap menyambut pemudik Lebaran. Untuk mendukung pemudik ini, pihak pelabuhan didukung dengan 22 armada kapal. Dan Pengalaman penyeberangan penumpang saat Moto GP Mandalika lalu bisa dijadikan pengalaman yang baik oleh pihak pelabuhan. Jadi, pelayanan itu bisa kembali diterapkan pada lebaran kali ini,” ucapnya.

Baca juga:  Mahfud MD Bertemu Presiden Jokowi

Dia menjelaskan, ada sejumlah titik pos pelayanan yang dibangun, yakni ada di Kusamba, Goa Lawah, dan Yeh Malet. Dan bila ada kemacetan nantinya dari pos itulah sudah bisa dilakukan penyekatan kendaraan untuk mengurangi kemacetan panjang. “Petugas telah melakukan pengaturan bagi kendaraan yang hendak menyeberang, mulai dari roda 2, roda empat, truk dan bus sehingga proses penyeberangan berjalan dengan lancar. Dan kami berharap, nantinya tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang,” katanya.

Baca juga:  Komplotan Pembobol Sejumlah Vila di Kuta Utara Dibekuk

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengungkapkan, bila melihat pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, pergerakan pemudik mulai ramai biasanya pada tanggal 29-30 April mendatang. “Sejak semalam, mulai terlihat ada pergerakan pemudik. Puncaknya arus mudik biasanya 29 sampai 30 April nanti,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN