Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (kiri) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) saat menemui mahasiswa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sufmi Dasco Ahmad menemui mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (11/4). Selain Sufmi dan Listyo, pimpinan DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus dan Rachmat Gobel juga menemui dan berusaha mendengarkan tuntutan mahasiswa.

Dalam pertemuan tersebut, dikutip dari Kantor Berita Antara, Sufmi menyampaikan respons dan mendukung permintaan mahasiswa untuk menolak penundaan pemilu. “Kami penuhi dan kami akan jamin proses tahapan pemilu antara DPR dan KPU akan berjalan,” kata Dasco di atas mobil komando.

Baca juga:  Staycation Alternatif Liburan yang Aman di Kala Pandemi

“Selasa besok presiden akan lantik anggota KPU yang baru dan tentunya itu akan mempercepat tahapan pemilu,” tutur Dasco.

Menyambut hal tersebut, mahasiswa pun berteriak menyerukan respons dari Dasco. “Kami berkomitmen delapan tuntutan mahasiswa akan kita sampaikan ke pemerintah secepatnya cepatnya,” ujar Dasco.

Usai Dasco dan pejabat lainnya turun, situasi massa sempat memanas. Koordinator massa mahasiswa pun menyerukan agar massa tidak terprovokasi dengan aktor kerusuhan di dalam massa.

Baca juga:  Dikritisi, Dokumen RZWP3K Masih Alokasi Reklamasi dan Tambang Pasir Laut

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI. Dalam aksi tersebut, kelompok yang terdiri dari kumpulan BEM beberapa universitas ini membawa beberapa tuntutan di antaranya penolakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. (kmb/balipost)

BAGIKAN