Petugas Kepolisian mendata sejumlah pelajar saat diamankan di kawasan Monas, Jakarta, Senin (11/4/2022). Sejumlah pelajar yang diamankan tersebut diduga akan mengikuti unjuk rasa dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kawasan tersebut. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Hujan gerimis membubarkan sebagian para peserta demo mahasiswa di depan gerbang Monumen Nasional (Monas) di Silang Medan Merdeka Barat Daya, Jakarta Pusat, Senin (11/4). Dikutip dari Kantor Berita Antara, pengunjuk rasa berdatangan sekitar pukul 13.30 WIB.

Puluhan pengunjuk rasa yang diketahui berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu kemudian memulai orasi. Tak hanya dari HMI, beberapa elemen masyarakat termasuk ibu-ibu juga ikut berkumpul di tengah mendung yang membayangi langit di sekitar Monas.

Baca juga:  Jika Tuntutan Tak Ditanggapi, Mahasiswa Ancam akan Lakukan Aksi Lebih Besar

Namun, beberapa saat kemudian guntur dan hujan gerimis turun sehingga membuat sebagian besar pengunjuk rasa bubar. Mereka kemudian berteduh di beberapa titik termasuk di Pos Polisi yang berada di seberang Patung Kuda.

Sedangkan beberapa di antara para pengunjuk rasa masih tetap berorasi dilengkapi payung.

Sementara itu, sejumlah anggota kepolisian tetap berjaga di sekitar Monas.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan 5.626 personel gabungan termasuk dari Mabes Polri dan Kodam Jaya untuk menjaga keamanan aksi unjuk rasa di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

Baca juga:  Kasus 101 Klip Sabu, Lulusan D1 Divonis 5,5 Tahun Penjara

“Di sini (Patung Kuda) dikerahkan kurang lebih 5.626 personel terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya jaya, Korps Brimob Polri dan Satuan Kodam Jaya,” kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran ketika memimpin apel pasukan di Monas.

Jakarta diguyur hujan pada siang hari sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari,” demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id, di Jakarta.

Baca juga:  Tanah Longsor Timbun Akses Jalan Batusesa ke Besakih

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini mengenai kemungkinan hujan yang disertai petir dan angin kencang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *