Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Polda Metro Jaya menutup sementara arus lalu lintas di sekitar kawasan Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Penutupan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB.

“Kami akan tahan di sini (Patung Kuda) karena memang ada aturan tidak boleh berunjuk rasa 500 meter dari objek vital,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Patung Kuda dikutip Kantor Berita Antara, Senin (11/4).

Baca juga:  Ada Demo di Ketapang, Penyeberangan Gilimanuk Sempat Lumpuh

Menurut dia, demonstrasi mahasiswa akan dipusatkan di Istana Negara dan DPR RI. Untuk di kawasan menuju Istana Negara, polisi akan menutup Jalan Medan Merdeka Barat dari Patung Kuda sampai Jalan Majapahit-Harmoni.

Kemudian penutupan juga dilakukan dari arah Gambir menuju Istana Negara. Selanjutnya, Jalan Veteran I, II dan Veteran III juga ditutup, Jalan Museum.

“Untuk lalu lintas nanti kami alihkan baik ke arah Jalan Budi Kemuliaan maupun ke Jalan Medan Merdeka Selatan,” imbuhnya.

Baca juga:  GWBN Dorong Destinasi Wisata Daerah Berdaya Saing

Sementara itu, dari pukul 07.00-08.00 WIB, arus lalu lintas di sekitar Monas dan Patung Kuda masih belum ditutup. Polisi belum memasang alat penutupan jalan berupa kawat berduri atau barrier lain yang dibentangkan di tengah jalan.

Arus lalu lintas di kawasan Tugu Tani yang mengarah Jalan Medan Merdeka Selatan dan Pasar Baru juga belum ada penutupan.

Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju kawasan Patung Kuda, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Thamrin, dan Jalan Agus Salim masih terpantau lancar hingga pukul 08.30 WIB. Polda Metro Jaya mengerahkan ratusan personel pengamanan dan dari Direktorat Lalu Lintas mencapai sekitar 300 orang. (kmb/balipost)

Baca juga:  KTT G20 Menjadi Awal Gerakan Konversi Kendaraan Listrik di Indonesia
BAGIKAN