Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ke-3 pada warga. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejak dicanangkan vaksinasi booster per 14 Feberuari, hingga kini warga Denpasar yang sudah divaksinasi booster cukup banyak. Sedikitnya sudah tercatat sebanyak 252.639 warga yang menerima dosis penguat ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Selasa (22/3) mengatakan, capaian vaksinasi booster di Denpasar lebih maju dari target yang diperkirakan. Sebenarnya pihaknya menargetkan capaian 50 persen tersebut baru terealisasi pada awal April 2022.

Baca juga:  Bali Catat Tambahan Pasien Sembuh Lebih dari 2 Kali Lipat Kasus COVID-19 Baru

Namun, akibat dari percepatan pelaksanaan vaksinasi booster di masyarakat, capaiannya melejit cukup tajam. Vaksinasi booster telah mencapai 50,16 persen dari target 503.619 orang.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan vaksin booster ini sudah ada 40 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Denpasar. Warga yang ingin melakukan vaksin booster bisa langsung datang ke masing-masing fasyankes terdekat.

Bukan hanya itu, untuk mempercepat capaian,  pihaknya juga melakukan vaksinasi dengan menyasar banjar-banjar hingga door to door ke rumah-rumah bagi warga lansia ataupun disabilitas. “Kami juga bekerjasama dengan beberapa lembaga baik dari kepolisian, BIN, hingga komunitas-komunitas untuk melaksanakan vaksin booster ini,” katanya.

Baca juga:  Kumulatif Kasus COVID-19 Bali Lampaui 14.000 Orang, Korban Jiwa Harian Bertambah 4 Kali Lipat dari Sehari Sebelumnya

Ia menambahkan vaksin booster ini hanya dapat diberikan dengan jeda waktu minimal 3 bulan dari dosis kedua. Dewa Rai mengatakan, dengan adanya kebijakan wisatawan tanpa karantina pihaknya mengaku semakin menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster di Denpasar.

Selain vaksinasi booster, vaksinasi dosis pertama dan kedua di Denpasar juga memiliki cakupan yang tinggi. Untuk vaksinasi dosis pertama sebanyak 946.698 orang dengan persentase 149,8 persen. Sedangkan dosis kedua mencapai 859.685 orang atau 136,1 persen. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  All-New Toyota Agya Hadir dengan 2 Model Baru
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *