Evakuasi para penumpang KMP Tiga Anugrah yang kandas di perairan Gilimanuk Minggu (13/3) siang. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan penumpang KMP Tiga Anugerah terpaksa turun dari ramdoor kapal ke pantai Jineng Agung, Gilimanuk, setelah kapal tersebut kandas terseret arus, Minggu (13/3) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Para penumpang selanjutnya diangkut ke dalam Pelabuhan Gilimanuk untuk dicek kondisi kesehatan mereka. Informasi yang dihimpun, kapal motor penumpang yang mengangkut 24 kendaraan ini kandas saat hendak bersandar di Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 13.00 WITA.

Kapal yang mengalami kerusakan mesin, tak dapat melawan arus dan akhirnya hanyut hingga keluar jalur penyeberangan. KMP kandas tidak jauh dari pantai Jineng Agung yang berada dekat dengan pelabuhan Gilimanuk.

Baca juga:  Siswi SMK Menghilang¬†

Kapolsek Gilimanuk, Kompol I Gusti Putu Dharmanatha, kepada wartawan menyebutkan para penumpang dievakuasi dengan bantuan perahu nelayan dan melibatkan pihak ASDP, BPBD, Anggota Pol Air Polres Jembrana, Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk serta masyarakat setempat. Mengingat jarak ramdor kapal dengan bibir pantai kurang lebih 7 meter.

Selanjutnya para penumpang diangkut dari pantai Lingkungan Jineng Agung menuju ruang VIV ASDP Gilimanuk menggunakan dua unit kendaraan ambulance dan 1 unit mini bus milik masyarakat Gilimanuk. “Kondisi semuanya dalam keadaan sehat serta selamat,” terang Kapolsek.

Baca juga:  Melonjak Signifikan, Sehari Dilakukan Seribuan Rapid Test di Pelabuhan Gilimanuk

Kapal diduga mengalami kandas setelah trouble ME pada saat menunggu giliran masuk di Pelabuhan Gilimanuk. Sehingga mengakibatkan KMP Tiga Anugrah hanyut ke Selatan serta kandas di koodinat 08’10”251’S/114’25”903E.

Selain 24 kendaraan, KMP juga mengangkut anak buah kapal 6 orang dan perwira kapal 7 orang. Di antaranya, sepeda motor 9 unit dengan penumpang 15 orang, sepeda motor besar 1 unit, mobil 8 unit dengan penumpang 26 orang, pick up 1 unit dengan penumpang 2 orang dan truk sedang 5 unit dengan penumpang 5 orang.

Baca juga:  Mau Putar Balik, Mobil Terperosok ke Jurang Sedalam 50 Meter

Setelah dilakukan evakuasi, KMP Tiga Anugrah ditarik kembali ke dermaga Pelabuhan Gilimanuk menggunakan Kapal Agung Wilis I. Sekitar pukul 15.15 WITA, KMP Tiga Anugrah berhasil bongkar muatan di Dermaga MB I. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *