Acara pecaruan Tawur Kesanga di Ubud. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sehari sebelum umat Hindu melaksanakan catur brata penyepian, Rabu (2/3), AAGN Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, menghadiri acara pecaruan tawur kesanga yang dilaksanakan di Catus Pata, pusat kota Ubud. Hadir dalam acara tersebut, berbagai elemen masyarakat Ubud.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WITA ini, dipimpin (dipuput) oleh Ida Pedanda Gede Jungutan dari Grya Peling Delodan Padang Tegal Ubud dan Ida Pedanda Budha Griya Sidemen. Acara pecaruan Tawur Kesanga, tidak hanya dilaksanakan di tingkat Kecamatan Ubud, tetapi juga di enam desa adat se-kelurahan Ubud. Meliputi, Desa Adat Ubud, Bentuyung, Junjungan, Tegallantang, Taman Kaja, dan Padangtegal.

Baca juga:  Umat Hindu di Jakarta Gelar Tawur Kesanga

Pada kesempatan itu Ari Dwipayana, yang juga Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, dalam keterangan tertulisnya, mengikuti seluruh prosesi upacara yang diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Dalam sambutannya Camat Ubud, I Wayan Suwija, menyampaikan bahwa tujuan dari upacara Tawur Kesanga adalah harmonisasi dan menyucikan alam beserta isinya. Sehingga tercapai keharmonisan alam menuju Jagadhita. Selain itu, pada tawur kesanga, umat Hindu berdoa secara khusus agar Pandemi Covid -19 segera berakhir dan semua warga, khususnya di Ubud diberikan perlindungan dan keselamatan.

Baca juga:  Polisi Gemboskan Ban Kendaraan Salah Parkir di Ubud

Dalam acara tersebut juga diserahkan pinjaman motor listrik dari Deva Asosiation kepada Yayasan Bina Wisata Ubud untuk mendukung patroli pecalang saat pelaksanaan hari Nyepi. Hal ini sekaligus mewujudkan Ubud yang Green dengan mengkampanyekan penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan. (kmb/balipost)

BAGIKAN