Suasana Tawur Kesanga serangkaian Nyepi, Tahun Baru Caka 1940, Jumat (16/3/2018). (BP/dokumen)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sama dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Tawur Kesanga 2021 di Gianyar dilaksanakan Pemkab Gianyar bersama Desa Adat Gianyar. Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya di sela-sela rapat koordinasi Rangkaian Perayaan Nyepi Caka 1943, Senin (8/3) menyampaikan hal itu.

Ia menyebutkan pelaksanaan Tawur Kesanga di Kabupaten Gianyar pada rahina Tilem Sasih Kesanga, Sabtu (13/3) tetap berlangsung di Catus Pata Gianyar. Wisnu mengungkapkan pelaksanaan tawur mencakup tiga fungsi (Tri sadaka) Siwa, Budha, Bujangga. Pelaksanaan Tawur Kesanga akan dipuput oleh Sarwa Pandita.

Baca juga:  Libur Akhir Pekan, Pengaturan Lalin Efektif Urai Kemacetan Ubud

Ia menjelaskan anggaran pelaksanaan upacara Tawur Kesanga tidak beda jauh dari tahun sebelumnya. Pemkab sudah menyiapkan anggaran kisaran Rp 250 juta. “Semua rincian biaya bisa dilihat SPJ-nya,” ucapnya.

Sekda Wisnu Wijaya menyampaikan lokasi pelaksanaan Tawur Kesanga tetap di perempatan depan Puri Gianyar dan Alun-alun Gianyar. “Upacara Tawur Kesanga dilaksanakan oleh Desa Adat Gianyar, sementara biaya pelaksanaan Tawur didanai Pemkab Gianyar,” tegasnya.

Baca juga:  Pingsan, Bagus Trisna alias Bombom Dievakuasi ke RS Sanjiwani

Ia menambahkan pelaksanaan upacara Tawur Kesanga akan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Upacara ini digelar lebih sederhana dan tetap dipantau Tim Satgas Covid-19,” tegasnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *