Upacara Mapepada dan Bhumi Sudha dilaksanakan di Bencingah Agung Besakih, pada Jumat (12/3). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Upacara Mapepada dan Bhumi Sudha dilaksanakan di Bencingah Agung Besakih, Jumat (12/3). Upacara ini dilakukan, serangkaian Tawur Agung dalam rangka Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, mengatakan, dalam proses upacara ini, wewalungan yang dipergunakan, yakni kerbau, menjangan, kijang, petu, anjing blangbungkem, kambing, brengkoak, angsa, bayak (angsa berbulu abu-abu), ayam mance asata, dan penyu.

Baca juga:  Ini Sejumlah Pemicunya, Puluhan Kasek di Karangasem Ajukan Pengunduran Diri

“Krama yang dilibatkan dalam prosesi ini adalah dari panitia karya, dengan jumlah terbatas dsn tetap menerapkan ptotokol kesehatan COVID-19. Upacara ini, dipuput oleh dua sulinggih Siwa dan Budha,” ucapnya.

Widiartha, menambahkan, mapepada dan bhumi sudha ini dilakukan serangkaian upacara Tawur Agung. Tawur akan dilaksanakan Sabtu (12/3) di Bencingah Agung Besakih serangkaian IBTK.

“Ini juga dirangkaikan dengan Tawur Kesanga. Karena di Besakih dipusatkan di Bencingah Agung. Untuk di catus pata juga akan dilakukan Tawur Kesanga di Tulak Tanggul. Semuanya itu waktunya akan dilakukan besok, sorenya di masing-masing desa adat,” jelas Widiartha. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Puncak IBTK, Gubernur Koster Doakan Jagad dan Krama Bali Rahayu
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *