Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Komunikasi yang efektif adalah keterampilan hidup yang sangat penting untuk dimiliki. Dan penting juga bagi orangtua untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan komunikasi mereka sejak usia dini.

Cara anak berkomunikasi dapat berdampak pada proses belajar dan pertukaran informasi yang penting. Seorang anak yang mampu mengkomunikasikan dengan jelas pikiran, perasaan, dan gagasannya di kelas akan lebih mungkin untuk berprestasi lebih baik di sekolah daripada siswa yang tidak berkomunikasi secara efektif.

Selain itu, anak-anak dengan keterampilan komunikasi yang kuat juga akan lebih mungkin untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain karena mereka dapat menemukan lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya karena lebih siap untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan perasaan mereka secara lebih efektif.

Sama seperti keterampilan lainnya, keterampilan komunikasi anak juga dapat ditingkatkan dengan latihan. Ada beberapa pendekatan yang mungkin akan berguna bagi Anda sebagai orang tua untuk membantu si buah hati meningkatkan kemampuan berkomunikasinya.

Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak dalam mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.

Baca juga:  Bahasa Bali Dijadikan Mata Kuliah Penunjang, Ini Kendala PT

1. Dorong Percakapan Sesering Mungkin

Sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk mendorong anak untuk memulai atau bergabung dalam percakapan sebanyak mungkin. Kita tahu bahwa ketika anak-anak berkembang dan tumbuh, mereka akan belajar bagaimana bersosialisasi dengan melatih keterampilan percakapan mereka yang berkembang, saat mereka mengamati apa yang berhasil bagi mereka dalam situasi yang berbeda.

Mulailah dengan percakapan santai, seperti yang mungkin Anda lakukan saat menyiapkan makanan bersama atau selama perjalanan di dalam mobil. Jika Anda berada di dalam mobil bersama, Anda dapat mengobrol tentang kemana Anda akan pergi, mendiskusikan tujuan, dan bertanya kepada anak tentang perasaannya. Jangan lupa juga untuk terlibat dengan menjawab pertanyaan anak, terutama jika Anda merasa anak Anda antusias untuk terlibat dalam pembicaraan.

2. Dengarkan Apa yang Anak Anda Katakan

Mendengarkan juga merupakan keterampilan penting yang harus dipelajari anak-anak sejak usia dini. Cara terbaik untuk mengajari anak tentang pentingnya keterampilan mendengarkan yang baik adalah dengan mencontohkan perilaku ini pada diri ANda sendiri. Keterampilan mendengarkan secara aktif dimulai dari Anda sebagai orang tua untuk memberikan contoh bagi anak.

Baca juga:  Dua Siswi SUKSMA Raih Nilai UNBK Tertinggi Se-Bali Program Bahasa

Ketika anak-anak mengulangi apa yang Anda katakan dan meniru tindakan Anda, itu menunjukkan bahwa pengulangan akan memperkuat perilaku yang kita ingin anak-anak kita pelajari.

3. Biasakan Rutin Membaca bersama Anak

Keterampilan membaca merupakan aspek penting dari komunikasi yang efektif dan perkembangan bahasa secara keseluruhan. Keterampilan membaca juga bermanfaat bagi anak-anak dalam banyak hal, termasuk mengajarkan kata-kata baru, memperluas kosa kata, dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang membaca secara teratur akan cenderung lebih berempati terhadap orang lain ketimbang anak-anak tanpa paparan kata-kata tertulis. Ketika anak-anak sedang membaca, pengalaman ini akan memungkinkan mereka untuk mengalami suka dan duka orang lain melalui cerita.

4. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing seperti bahasa Mandarin akan memberikan kesempatan bagi anak untuk mempelajari kosakata baru. Proses akuisisi bahasa baru ini juga berdampak besar pada kemampuan anak untuk mengambil keputusan. Apalagi, bahasa asing seperti bahasa Mandarin juga telah memiliki tingkat kepentingan yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Baca juga:  Ini, Hasil Swab Presiden Jokowi

Jadi, rasanya wajar jika LingoAce telah tumbuh sebesar 4.800% sejak tahun 2020. Platform kursus bahasa Mandarin ini memiliki pola belajar yang mudah untuk diserap dan juga ideal untuk generasi digital. Terbukti, LingoAce telah menjadi destinasi belajar untuk lebih dari 300 ribu murid di seluruh belahan dunia.

Beberapa fitur terbaik dari LingoAce terletak pada keseriusan situs e-Learning ini dalam menyiapkan konten belajarnya. Mulai dari para guru yang merupakan native speaker sampai teknologi AI, semua faktor pembantu ini ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif dan efisien.

Konsep belajar eksklusif dengan maksimal enam peserta didik juga dikemas dalam balutan harga layanan yang terjangkau mulai dari Rp 83 ribu. Yuk daftar sekarang juga mumpung masih ada kelas free trial gratis. Masih penasaran dengan LingoAce? Follow akun Instagram LingoAce untuk informasi dan promo menarik lainnya! (Adv/balipost)

BAGIKAN