Arsip - Instalasi iluminasi dipotret menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, China, 26 Januari 2022. (BP/Ant)

BEIJING, BALIPOST.com – Sebanyak 300 orang dari kalangan atlet, pelajar, tenaga sukarelawan, dan masyarakat umum dilibatkan dalam mengarak obor Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympics) 2022 di Kota Beijing, Rabu pagi (2/2). Arak-arakan dipusatkan di Taman Olimpiade Beijing, yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 2008, dengan diiringi lagu nasional China dan lagu resmi Olimpiade.

“Olimpiade ini mendorong terciptanya persahabatan dan arak-arakan ini menjadi jembatan berbagai budaya,” kata Ketua Umum Panitia Pelaksana Beijing Winter Olympics 2022, Cai Qi, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (2/2).

Baca juga:  Rio Waida Pembawa Bandera Merah Putih di Olimpiade Tokyo

Ia mengatakan bahwa api yang dipancarkan dari obor itu melambangkan cahaya, solidaritas, perdamaian, dan persahabatan. “Ini juga menunjukkan kecemerlangan Beijing sebagai tuan rumah dua Olimpiade, Musim Panas (2008) dan Musim Dingin (2022),” ujar anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) itu.

Terkait dengan masih banyaknya kasus positif COVID-19 di China, menurut dia, pihak panitia telah memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat ibu kota. “Kami sangat yakin api Olimpiade ini akan mengantarkan kami lebih percaya diri, bergairah, dan penuh harap untuk menyibak kegalauan akibat pandemi,” ujar Cai.

Baca juga:  Penertiban ODOL Segera Diberlakukan, Satlantas Mulai Survei

Arak-arakan obor tersebut akan digelar hingga pembukaan berlangsung yang dijadwalkan pada Jumat (4/2) mendatang. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *