Vaksinasi - Kegiatan vaksinasi booster Kesdam IX/Udayana di Ki B Yonif Mekanis 741. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Vaksinasi digelar untuk para prajurit dan keluarga guna mendukung program pemerintah dalam mengendalikan varian Omicron. Kegiatan vaksinasi booster dilaksanakan bekerjasama dengan Kesdam IX/Udayana Gianyar, Kamis (27/1).

Danyonzipur 18/YKR Mayor Czi Damai Adi Setiawan, S.I.P yang diwakilkan oleh Dokter Batalyon Letda Ckm dr. Fahmi Faisal mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk prajurit sebagai garda terdepan guna mendukung gerakan dalam menghentikan penyebaran varian COVID-19 yang baru. Karena di lapangan prajurit harus siap bergerak mendukung setiap program pemerintah dalam hal ini yang diberikan melalui Kodam IX/Udayana dan bekerjasama dengan semua instansi terkait. “Tentunya prajurit yang bertugas harus dijaga dulu kekebalan tubuhnya,” ucapnya.

Baca juga:  Porprov Bali Pertandingkan 41 Cabor

Vaksinasi ini digelar agar mempercepat proses kekebalan kelompok (herd immunity). Dalam serbuan vaksinasi ini, prajurit Yonzipur 18/YKR berjumlah 312 orang dengan menerjunkan 8 tenaga kesehatan (vaksinator) dari Batalyon agar mempercepat kegiatan vaksin tersebut.

Serbuan vaksinasi booster jenis Astra Zaneca dan Moderna dari Kesdam IX/Udayana ini dimulai dari kegiatan pendaftaran, screening, penyuntikan vaksin, dan observasi. Peserta menunggu sekitar 30 menit untuk hasil observasi.

Baca juga:  Dibobol Maling, Dealer Sepeda Motor Rugi Puluhan Juta Rupiah

Vaksinasi ini sesuai dengan program prioritas Kodam IX/Udayana yakni agar mengerahkan seluruh upaya untuk berperan aktif mendukung program pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19 di Indonesia.

Letda Ckm dr. Fahmi Faisal menambahkan untuk menghindari penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan kegiatan, Yonzipur 18/YKR menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Yonzipur 18 juga mewajibkan seluruh peserta yang terlibat untuk melaksanakan tes swab sebelum berangkat dan masuk ke lokasi vaksinasi. (Wirnaya/Balipost)

Baca juga:  Capaian Vaksinasi COVID-19 Terus Digenjot, Stok Kembali Berdatangan
BAGIKAN