Kerjasama -Bawaslu Karangasem menjalin kerjasama dengan MDA Karangasem terkait pengawasan disetiap pagelaran hajatan politik. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karangasem menjalin kerjasama dengan Majelis Desa Adat (MDA) Karangasem, pada Rabu (22/12). Kerjasama yang dilakukan Bawaslu itu agar MDA ikut membantu menyukseskan Bawaslu di setiap kegiatan hajatan politik di Bumi Lahar.

Ketua Bawaslu Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari dari MoU Bawaslu Provinsi Bali dan MDA Provinsi Bali. “Di Karangasem Bawaslu Karangasem menjalin kerjasama dengan MDA Karangasem,” ucapnya

Baca juga:  Kasus COVID-19 Harian Bali Balik ke Puluhan Orang

Suastrawan menambhakan, kerjasama yang dilakukan ini terkait masalah pengawasan saat hajatan politik di Karangasem. Diharapkan, MDA Karangasem bisa ikut secara bersama-sama membantu mengawasi setiap hajatan yang digelar di Karangasem, mulai dari Pemilu, pemilihan kepala daerah, maupun legislatif.

“Kita harap dengan menjalin kerjasama ini nantinya dapat menjadi tolak untuk terciptanya partispasi masyarakat yang lebih bagus, khusunya di Karangasem dalam pengawasan setiap hajatan politik. Dan komponen masyarakat adat ikut berperan secara aktif untuk melakukan pengawasan, melapirkan bila ada dugaan pelanggaran, serta dapat penindakan bila ada pelaggaran-pelanggaran nantinya,” katanya.

Baca juga:  Rekap Suara Nasional Usai, Pengaduan Bawaslu Bali ke DKPP Tetap Jalan

Selain itu juga, kata Suastrawan, nantinya juga diharapkan mampu menciptakan dan mewujudkan pemilu yang berkualitas. Dia mengakui, selama ini pengawasan masih belum maksimal. Sehingga, butuh kesadaran untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran dilapangan. “Jadi, harus secara bersama-sama ikut melakukan pengawasan setiap pemilihan politik agar hajatan politik berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua MDA Kabupaten Karangasem, I Ketut Alit Suardana mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama ini. Karena, disetiap pagelaran politik Bawaslu memang harus menyiapkan pasukan untuk menyukseskan hajatan tersebut.”Kita siap mendukung dan ikut melakukan pengawasan di setiap hajatan politik di Karangasem agar setiap kegiatan politik dapat berjalan dengan lancar,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Beri Makan Ibu Mertua, Menantu Temukan Ayah Mertua Tak Bernyawa
BAGIKAN