Bupati Karangasem I Gede Dana saat menerima penghargaan Trisakti Tourism Award 2021 di Jakarta pada Kamis (26/8). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali diraih oleh Kabupaten Karangasem. Kali ini Karangasem dinobatkan salah satu destinasi wisata unggulan di Karangasem sebagai Desa Wisata Terbaik dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021.

Ajang bergengsi ini menganugerahkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai terbaik 1 Nasional dalam kategori Desa Wisata Budaya. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Karangasem I Gede Dana di Jakarta pada Kamis (26/8).

Gede Dana, mengungkapkan, dengan raihan penghargaan ini justru merasa tertantang dalam mengembangkan desa wisata di daerahnya. Tidak hanya satu, bahkan dia berharap, dalam ajang yang sama tahun depan, 22 desa wisata di Kabupaten Karangasem, bisa memperoleh prestasi di semua kategori.

Baca juga:  Isu Adanya WNA Jepang Eksodus ke Negaranya, Kakanwil Kemenkumham Angkat Bicara

Karena pariwisata di Karangasem telah siap menyajikan potensi di setiap desa sebagai salah satu daya tarik wisatawan untuk datang kembali. “Kita harus menjaga, melestarikan dan mendukung desa wisata ini. Inikan baru satu desa yang kita bisa menjuarai, inginnya kita 22 desa wisata juga mampu bersaing. Selanjutnya kita akan fokus dan lakukan pembinaan kepada desa lainnya untuk mengemas potensi di desanya masing-masing dengan baik, sehingga mampu menarik perhatian dunia Pariwisata,” Ucapnya.

Baca juga:  Napi di Lapas Karangasem Dapat Remisi dan Bekal Uang

Anugerah Desa Wisata Budaya terbaik ini diperoleh setelah melalui seleksi penilaian yang ketat oleh dewan juri ‘Trisakti Tourism Award’ yang diketuai Sapta Nirwandar. Dewan juri juga melakukan verifikasi lapangan secara langsung ke lokasi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan. Setelah melalui proses penilaian yang panjang tersebut, akhirnya Dewan Juri menobatkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai yang terbaik tingkat Nasional.

Dewan juri yang diketuai Sapta Nirwandar bersama dewan juri lainnya menyampaikan bahwa keputusan ini telah melalui kajian dan analisis dari berbagai aspek terkait. Deretan nama besar lainnya sebagai dewan juri diantaranya Rahayu Setyowati (Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia), Ayu Dyah Pasha, David Makes (Founder Plataran Menjangan), Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si, Abdullah Azwar Anas (Mantan Bupati Banyuwangi), dan Chef Vindex Tengker.

Baca juga:  PPDB Tahun Ini, Buleleng Belum Terapkan Pendaftaran Online

Kompetisi Trisakti Tourism Award tahun 2021 dengan Tema Desa Wisata ini diikuti oleh 242 Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Terdapat empat kategori Desa Wisata yg dilombakan yaitu Kategori Desa Wisata Alam, Desa Wisata Budaya, Desa Wisata Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Kuliner. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *