Sekda Wayan Adi Arnawa meninjau kelengkapan fasilitas Gedung D RSD Mangusada dan perkembangan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun, Selasa (21/12). (BP/Par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Keberadaan Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Kapal, Mengwi, mejadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Badung. Kesiapan rumah sakit pemerintah ini guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Covid-19, khususnya varian baru Omicron. Guna memastikan kesiapan tersebut, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Tim Satgas Covid-19 Badung, Selasa (21/12) turun langsung melakukan mengecek kesiapan rumah sakit, termasuk kelengkapan fasilitas Gedung D RSD Mangusada.

“Kami melakukan langkah cepat dengan menyiapkan segala sesuatunya. Salah satunya, kesiapan dari Gedung D, RSD Mangusada yang baru selesai dibangun yang nantinya akan dimanfaatkan penanganan kasus Covid,” ujarnya.

Baca juga:  Badung Siapkan Alternatif JPS Berbasis Desa Adat, Optimalkan LPD

Sekda Badung Adi Arnawa menyampaikan, di anggaran perubahan tahun 2021 telah dianggarkan untuk Gedung D terkait dengan fasilitas ipal, air, listrik termasuk AC nya. Dari laporan yang diterima, Gedung D telah siap dioperasionalkan, hanya menunggu prosesbserah terima saja. “Kami harapkan di awal tahun 2022 Gedung D RSD dapat difungsikan. Kita harapkan tidak terjadi apa-apa. Bila toh terjadi lonjakan varian baru ini, kita di Badung sudah siap mengantisipasinya. Karena di gedung ini sudah disiapkan 150 hingga 200 bed,” katanya.

Baca juga:  Bersihkan Sampah Kiriman, DLHK Badung Siapkan Puluhan Tenaga

Birokrat asal Pecatu, Kuta Selatan ini juga mengecek perkembangan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun, baik yang dilaksanakan di RSD Mangusada maupun di dua sekolah lainnya yakni di SD 2 Kekeran dan SD 3 Sading.

Menurutnya vaksinasi sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. “Untuk di RSD Mangusada sudah disiapkan tim untuk melayani vaksinasi bagi anak yang mengalami penyakit penyerta yang harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu dan bagi anak-anak yang lain sudah dilayani di sekolah-sekolah,” jelasnya seraya menambahkan pihaknya telah meninjau vaksinasi anak di SD 2 Kekeran dan SD 3 Sading.

Baca juga:  Virus Nipah Ancaman Nyata, Epidemiolog Ingatkan Pemerintah Waspada

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Badung telah dimulai sejak, Rabu 15 Desember lalu, dengan sasaran 57.201 orang. Saat ini target vaksinasi untuk anak baru mencapai 17 persen lebih dan target untuk vaksin tahap I selesai tanggal 28 Desember ini. “Untuk itu kami perlu terus menggenjot dengan membuat akselerasi percepatan vaksinasi dengan melibatkan lintas perangkat daerah sehingga vaksinasi lebih maksimal,” ucapnya. (Parwata/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *