Kondisi rumah warga setelah gempa 5,1 M guncang Jember, Kamis (16/12). (BP/Dokumen BPBD Jember)

JEMBER, BALIPOST.com – Gempabumi dengan magnitudo 5,1 yang terjadi di laut dekat Jember, Jawa Timur pada Kamis (16/12) pukul 06.01 WIB menimbulkan kerusakan. Dari keterangan tertulis BNPB, gempa yang dirasakan kuat di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang itu menyebabkan sejumlah rumah rusak.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan sementara kerusakan akibat gempa ini yakni satu unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan serta satu pondok pesantren rusak ringan. Selain itu dilaporkan juga terdapat 11 Kepala Keluarga (KK) terdampak dan masih dalam pendataan tim kaji cepat.

Baca juga:  Garap Segmen Keluarga, Telkomsel Orbit Perluas Saluran Penjualan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 km barat daya Jember dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan laporan di lapangan, meski masyarakat sempat panik kondisi saat ini telah kembali kondusif. Meski demikian BPBD masih melakukan monitoring dan siap siaga jika terjadi gempa susulan. (kmb/balipost)

BAGIKAN