Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra saat memantau pengamanan BDF ke-14 di Nusa Dua. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 digelar di di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Badung dan dibuka Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Kamis (9/12). Terkait pengamanan kegiatan ini, Polda Bali mengerahkan 114 personel dan didukung instansi terkait.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi, Jumat (10/12) menyampaikan BDF merupakan forum kerja sama tahunan negara-negara demokrasi di Asia yang diadakan setiap Desember. Digelarnya kegiatan ini untuk memperkuat kapasitas demokrasi dan institusi demokrasi melalui diskusi antar-negara. “BDF ke-14 tahun ini membahas dampak pandemi terhadap kemanusiaan berlangsung aman dan sukses,” ujarnya.

Baca juga:  Tetap Waspada dan Tak Termakan Isu

Suksesnya penyelenggaraan event ini tidak terlepas dari pengamanan yang dilakukan oleh Polda Bali dengan menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Gapura Agung IV-2021. Operasi yang digelar 9 Desember 2021 itu melibatkan 114 personel Polri.

Sementara itu, Karoops Polda Bali, Kombes Pol. Firman Nainggolan, S.H., M.H. selaku Karendalopspam mengatakan, Operasi Gapura Agung IV-2021 ini khusus untuk mengamankan BDF ke-14. Menurutnya, operasi ini mengedepankan kegiatan preventif yang didukung dengan kegiatan preemtif, intelijen, penegakan hukum kuratif dan rehabilitasi. “Pengamanan seluruh rangkaian kegiatan ini tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat,” tegasnya.

Baca juga:  Porprov Bali, Sepak Takraw Denpasar dan Buleleng Rebut 3 Emas

Kombes Firman menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Bali yang sudah bertugas dengan penuh tanggung jawab selama kegiatan BDF digelar. “Seluruh satuan tugas bekerjasama dengan baik, bersinergi dan saling koordinasi untuk menciptakan situasi aman dan kondusif. Mudah-mudahan digelarnya kegiatan ini bisa meningkatkan citra Indonesia di kalangan masyarakat Internasional, khususnya didalam upaya pengembangan demokrasi di kawasan Asia dan Pasifik,” tutup Firman. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Wujudkan Bali Zero Rabies, Bhayangkari Gelar Vaksinasi Gratis
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *