Petugas melakukan pemulasaran jasad pasien COVID-19. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada
Sabtu (27/11), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Dua Hari Nihil, Korban Jiwa COVID-19 Bali Tambah Lagi

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Sabtu (27/11), korban jiwa COVID-19 Bali kembali bertambah. Ini, setelah dua hari berturut-turut tak ada korban jiwa dilaporkan.

Kabar baiknya, tambahan kasus COVID-19 di Bali mengalami penurunan dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 19 orang. Kasus harian pada hari ini mencapai 1 digit.

Selengkapnya baca di sini

2. Dicurhati Pupuk Mahal dan Petani Makin Melarat, Ini Kata Gubernur Koster

TABANAN, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengunjungi Kantor UPTD PPRD Kabupaten Tabanan (Samsat Tabanan), Sabtu (27/11). Saat menyapa sejumlah wajib pajak, Gubernur Bali justru mendapat curhatan tingginya harga pupuk dan obat-obatan untuk sektor pertanian.

Baca juga:  Hingga Juni Ada 34 Ribu Naker Migran Pulang ke Indonesia, Segini Jumlahnya dari Bali

Adalah Muliarta, seorang wajib pajak asal Tabanan yang saat itu disapa oleh orang nomor satu di Bali itu saat tengah melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor. Muliarta pun menyampaikan curhat yang harus merogoh biaya operasional yang cukup tinggi untuk mengolah lahan pertanian miliknya, lantaran tingginya harga pupuk dan obat.

Selengkapnya baca di sini

3. Varian COVID-19 Omicron Merebak di Afsel, AS Larang Pelancong dari 8 Negara

WASHINGTON, BALIPOST.com – Merebaknya varian COVID-19 yang dinamai Omicron di Afrika Selatan (Afsel) membuat negara-negara lain waspada. Amerika Serikat (AS) akan melarang masuknya pelancong dari delapan negara di Benua Afrika bagian selatan mulai pekan depan. Kebijakan terbaru ini dikemukakan Presiden Joe Biden, Jumat (26/11).

Baca juga:  Kepala Inspektorat Tabanan Sebut 4 Instansi Ini Digeledah KPK

Dikutip dari Kantor Berita Antara, pembatasan yang mulai berlaku Senin (29/11), tidak berlaku untuk warga AS dan penduduk tetap yang sah, ujar seorang pejabat pemerintahan Joe Biden. AS termasuk di antara negara-negara di seluruh dunia yang segera menangguhkan perjalanan dari Afsel karena berita tentang Omicron.

Selengkapnya baca di sini

4. Bukit Abang Kembali Longsor, Bongkahan Batu Halangi Akses Jalan

BANGLI, BALIPOST.com – Bukit Abang di Kintamani kembali mengalami longsor, Jumat (26/11) sore. Material batu berukuran besar runtuh dari atas bukit dan menghalangi akses jalan Desa Buahan menuju Desa Abang Batudinding.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa, Sabtu (27/12), mengatakan reruntuhan batu juga disertai pohon tumbang. Menurutnya penyebab kejadian itu selain pengaruh cuaca ekstrem juga dipengaruhi masih labilnya Bukit Abang pascagempa bulan lalu.

Baca juga:  Bertepatan Galungan, Gubernur Koster Peringati Hari Pahlawan

Selengkapnya baca di sini

5. Omicron Diklasifikasikan “Varian Diwaspadai” oleh WHO, Kemungkinan Lebih Cepat Menular

JENEWA, BALIPOST.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (26/11) mengklasifikasi varian B11529 yang muncul di Afrika Selatan sebagai SARS-CoV-2 “varian yang diwaspadai.” WHO menyebutkan bahwa varian itu kemungkinan lebih cepat menular dibanding varian lainnya.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, bukti awal menunjukkan adanya peningkatan risiko infeksi berulang dan “perubahan yang merugikan dalam epidemiologi COVID-19,” kata WHO lewat pernyataan usai rapat tertutup ahli independen yang meninjau data tersebut.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *