Petugas membersihkan material yang menghalangi akses jalan. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Bukit Abang di Kintamani kembali mengalami longsor, Jumat (26/11) sore. Material batu berukuran besar runtuh dari atas bukit dan menghalangi akses jalan Desa Buahan menuju Desa Abang Batudinding.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa, Sabtu (27/12), mengatakan reruntuhan batu juga disertai pohon tumbang. Menurutnya penyebab kejadian itu selain pengaruh cuaca ekstrem juga dipengaruhi masih labilnya Bukit Abang pascagempa bulan lalu.

Baca juga:  Tembok Penyengker SD 2 Bajera Longsor, Tutupi Parit

Kata Agus, upaya penanganan bongkahan batu besar telah dilakukan oleh masyatakat setempat Sabtu pagi secara bergotong royong. Material dipindahkan sembari menunggu alat berat loader milik Dinas PUPRPerkim Bangli turun ke lokasi.

Tak hanya di lokasi itu, pohon tumbang juga terjadi di Dusun Cemara Landung, Desa Terunyan di hari yang sama. Kejadian itu, kata Agus menyebabkan arus lalin terganggu dari arah Terunyan-Kintamani dan sebaliknya. “Sempat tergangu aliran listrik menuju pemukiman warga sekitar namun upaya penanganan telah dapat dilakukan oleh PLN Bangli kemarin malam,” kata Agus.

Baca juga:  Kebakaran di Kantor Samsat Renon Ludeskan 9 Ruangan, Kerugian Capai Ratusan Juta

Penanganan terhadap batang pohon tumbang juga telah dilakukan oleh personel BPBD. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN