BINDA Bali turut mensukseskan program vaksinasi Covid-19 di Bali, khususnya Badung. (BP/Par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Badan Intelijen Daerah (BINDA) Bali turut mensukseskan program vaksinasi COVID-19 di Bali, khususnya Badung. Vaksinasi menyasar para pelajar dan masyarakat itu dilaksanakan secara terpusat di kawasan Pecatu, Kuta Selatan, Badung.

Kepala BINDA Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo mengatakan, kegiatan vaksinasi kali ini diprakarsai oleh BINDA Bali. BIN yang menaungi 34 provinsi seluruh Indonesia mendapatkan jatah vaksin dari Kemenkes berupa stok 10.000 vaksin.

Sebagian besar sudah terselenggara di berbagai wilayah. “Dan minggu depan rencananya vaksinasi untuk wilayah Bali akan dilaksanakan di Jembrana kemudian dilanjutkan ke Karangasem dan Klungkung,” ungkap Hadi Purnomo di sela pelaksanaan vaksinasi massal, Sabtu (13/11).

Baca juga:  Setelah KTT G20, Gepeng Kembali Berkeliaran di Badung

Kegiatan vaksinasi massal yang bekerjasama dengan Sosial Ummat Masjid Agung Palapa dan pihak Gereja Bukit Pujian Pecatu bertujuan untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi di daerah maupun provinsi. Sehingga, diharapkan kondisi pandemi segera berlalu dengan adanya kegiatan positif ini. “Selain itu, perlu kita sadari bersama bahwa kondisi kita semua saat ini sangat terpuruk khususnya karena hampir 80 persen wilayah di Badung didukung sektor wisata. Sehingga diharapkan adanya vaksinasi menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi kedepannya,” jelasnya.

Selain itu BINDA Bali diakuinya juga melakukan kegiatan vaksinasi door to door dengan sasaran warga yang kurang mampu terutama lansia yang memiliki keterbatasan pendengaran dan kemampuan berjalan yang terbatas sehingga tidak bisa datang ke lokasi vaksinasi massal Di Wilayah Desa Pecatu Kuta Selatan. “Kegiatan vaksinasi dilakukan oleh 6 Tim Gabungan 4 dari Dinkes Prov. Bali dan 2 tim dari Dokkes Polda Bali. Untuk jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1000 dosis Sinovac dan 250 dosis Astrazeneca,” terangnya.

Baca juga:  85 Persen Tambahan Positif COVID-19 Bali Jenis Transmisi Lokal, 15 Kasus dari Kabupaten Ini

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Pemkab Badung berterima kasih serta menyambut baik peranan BIN dalam membantu pelaksanaan vaksinasi secara nasional. Sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama pihaknya mengakui kegiatan tersebut merupakan bentuk kerukunan beragama, karena fenomena unik didalamnya, yakni pendaftaran di masjid dan pelaksanaan vaksinasi di gereja. “Ini adalah hal yang sangat baik dan positif bagi kerukunan beragama sehingga harus dilestarikan,” ucapnya.

Baca juga:  Dengan Gotong-royong, Proyek Jalan ke Pura Dikebut

Kabupaten Badung dikenal sebagai sektor wisata, dimana dalam rangka mewujudkan itu maka Pemkab telah berupaya mendorong masyarakat untuk mematuhi prokes dan pelaksanaan vaksinasi massal agar dunia internasional dapat kembali hadir ke Kabupaten Badung. “Untuk itu diharapkan tidak ada warga Badung yang tertinggal dalam melaksanakan vaksin, agar masyarakat tidak ragu-ragu dalam melaksanakan vaksinasi karena ini merupakan satu-satunya langkah dalam menyelamatkan saudara satu sama lain,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN