Bupati Suwirta saat turun ke Pasar Galiran untuk memastikan agar tetap taat prokes. (B/Ist) .

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Menjelang Hari Raya Galungan, situasi pasar Galiran Klungkung nampak normal dan ramai, Minggu (7/11). Meningkatnya aktivitas pasar, membuat Bupati Klungkung Nyoman Suwirta turun memantau langsung situasi di dalam pasar.

Terutama, untuk memastikan agar pedagang maupun pembeli tetap disiplin mengenakan masker. Dibandingkan dengan hari yang sama pada Galungan sebelumnya, situasi ini mengalami peningkatan, berdampak pada parkir sepeda motor terlihat sangat penuh.

Bahkan, sebagian harus parkir di luar pasar. Hal ini diperkirakan imbas dari banyaknya pedagang baru, yang terpaksa ikut berjualan karena menjadi korban PHK.

Baca juga:  Rampung Renovasi, Toilet Wantilan Jagatnata Masih Memprihatinkan

Meski terbilang normal dan ramai namun keamanan dan kenyamanan pasar tetap dijaga oleh petugas. Bupati Suwirta keliling memantau situasi pasar didampingi Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa dan Kepala UPT. Pasar Semarapura I Komang Sugianta.

Pemantauan dimulai dari blok A tempat pedagang buah hingga ke sisi selatan tempat para penjual hewan ternak, seperti ayam, bebek dan babi. Pasar Galiran merupakan pasar terbesar di Bali Timur.

Banyak warga dari Karangasem, Bangli, Gianyar dan Klungkung yang datang ke Pasar Galiran. Bupati asal Nusa Ceningan ini turun langsung memantau ketaatan masyarakatnya dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Padang Luwih Juga Punya Ritual "Perang Ketupat"

Dalam pantauannya Bupati Suwirta meminta para pengunjung dan pedagang dalam menyambut hari raya Galungan tetap taat dengan protokol kesehatan. ” Banyak tadi saya lihat pedagang tidak menggunakan masker atau pun penggunaannya salah, hidungnya tidak ditutupi dan turun ke dagu. Saya terus pantau dan ingatkan, bagaimana cara memakai masker yang benar,” tandasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, Bupati Suwirta juga mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang untuk tetap berhati-hati membawa tas atau dompet untuk menghindari terjadinya pencopetan. Bupati Suwirta tidak lupa mengucapkan selamat hari raya Galungan dan Kuningan kepada umat sedharma dimanapun berada.

Baca juga:  Korut Laporkan Puluhan Korban Jiwa Akibat Demam

Melalui perayaan hari suci ini, bupati berharap seluruh umat selalu diberikan kekuatan dan keselamatan serta pikiran tenang untuk bersama-sama menjalankan kewajiban sebagai umat manusia. “Pada kesempatan ini pula saya selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Klungkung mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan swadarma kita,” ucapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN