Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali menggandeng PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX tahun 2021. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali menggandeng PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX tahun 2021. Kegiatan diikuti oleh 11 peserta ini dilaksanakan dua hari (6 dan 7 November).

Ketua PWI Bali, Dwikora Putra mengatakan UKW diikuti 5 wartawan yang mengikuti uji kompetensi wartawan muda dan 6 wartawan madya. UKW diselenggarakan di Gedung PLN UID Bali ini mengambil tema “Wartawan Profesional, Masa Depan Bangsa Terang”. “Artinya mereka profesional di bidangnya memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang diperlukan sebagai seorang wartawan. Utamanya dapat menghasilkan karya jurnalistik yang baik dan bagus serta kualitasnya sudah memadai,” jelasnya dalam rilis yang diterima, Sabtu (6/11).

Baca juga:  Gunakan Dokumen Imigrasi Palsu, WN Afrika Disidang

Sementara Direktur UKW PWI Pusat Prof. Dr. Rajab Ritonga mengungkapkan UKW menjadi kegiatan yang sangat penting bagi profesi wartawan. “Selama UKW, peserta akan diberikan rangkaian tes, apakah mereka ini betul-betul menjalani profesinya sebagai wartawan yang berkompeten,” sebutnya.

Saat ini, lebih dari 100 ribu wartawan ada di Indonesia. “Banyak memang  jumlah wartawan di Indonesia tapi wartawan yang dikatakan berkompeten rupanya belum mencapai 10 persen,” ungkap Guru Besar London School Public Relation (LSPR) Jakarta ini.

Baca juga:  Bali Siapkan Dua RS Ini untuk Swab dan Tes Cepat

Sedangkan, Senior Manager Keuangan, Komunikasi & Umum PLN UID Bali, Zupar mengatakan PLN menyadari pentingnya keberadaan media, khususnya wartawan dalam menyampaikan informasi dan berita kepada masyarakat. “Jika wartawan-wartawan di Bali semuanya menjalankan uji kompetensi wartawan seperti ini, maka berita-berita yang akan kita konsumsi nantinya sudah pasti akan semakin tajam dan bermutu serta berimbang, dan yang terpenting bukan hoax,” tandas Zupar didampingi Manager Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Era Baru, PLN Bali Optimis Penjualan Listrik Kembali Naik
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *