Gubernur Bali saat berkunjung ke TOSS Center Karangdadi. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Kabupaten Klungkung mendapat apresiasi dari Gubernur Bali, I Wayan Koster. Apresiasi ini terungkap saat Gubernur Bali, Wayan Koster mengunjungi TOSS Center usai Peringatan Hari Pangan Sedunia di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu (3/11).

Menurut Gubernur Koster, TOSS Center ini merupakan salah satu program bagus untuk menangani permasalahan sampah dari hulu hingga hilir. Dari program TOSS ini nantinya bisa dijadikan sebuah contoh untuk kabupaten/kota lainnya.

Baca juga:  Dituding Sertifikatkan Tanah Negara, Bupati Suwirta Panggil Bendesa Adat Sompang

Selain itu, peran serta dukungan masyarakat juga sangat di harapkan bisa mengikuti dan menaati tata tertib peraturan membuang sampah dengan benar. Hal itu dinilai bisa menjadi poin penting demi mensukseskan program ini ke depan dan sejalan dengan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 dan dikeluarkannya Instruksi Gubernur Nomor 8324 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat antara lain Pengaturan Warga, dengan membatasi perilaku yang menghasilkan banyak sampah, mewajibkan warga melakukan pemilahan sampah di rumah tangga, melarang warga membuang sampah ke Desa dan Desa Adat lain, melarang warga membuang sampah tidak pada tempatnya.

Baca juga:  Diguyur Hujan, Sejumlah Ruas Jalan di Denpasar Tergenang

Di hadapan Gubernur Bali, Bupati Suwirta menyampaikan TOSS Center ini sudah dikolaborasikan dengan Kebun Hatinya PKK, Koperasi dan juga bekerjas sma dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI). “TOSS Center Gema Santi merupakan salah satu mimpi saya untuk membangun Kabupaten Klungkung agar ke depan dari hulu hingga hilir semakin bersih dan terhindar dari permasalahan sampah,” ujar Bupati Suwirta di hadapan Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali. (Adv/balipost)

Baca juga:  Bangli Petakan Ancaman di Musim Kemarau, Sejumlah Desa Ini Rawan Kekeringan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *