Proses pembongkaran paving di jalan depan Pura Ulun Danu Batur, Kintamani. (BP/Ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Jalan paving di depan Pura Ulun Danu Batur, Kintamani dibongkar. Pembongkaran dilakukan lantaran kondisi paving sudah banyak yang rusak dan berlubang hingga sering dikeluhkan masyarakat. Selain di depan Pura Ulun Danu Batur, rencananya jalan paving di depan anjungan obyek Wisata Penelokan juga akan dibongkar dan diganti hotmix.

Pembongkaran paving di depan Pura Ulun Danu Batur dilakukan Dinas PUPRPerkim Kabupaten Bangli bersama pihak Dinas PU Provinsi Bali sejak Selasa (2/11). Adapun panjang jalan paving yang dibongkar mencapai 200 meter dengan lebar 10 meter.

Baca juga:  AMB Gelar Kontes Layanan Honda 2017, Ini Pemenangnya

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bangli Wayan Lega Suprapto mengatakan pembongkaran dilakukan bersama Dinas PU Provinsi Bali sebab jalan itu masuk ruas jalan provinsi. Setelah proses pembongkaran selesai, pihak PU Provinsi berencana akan menggantinya dengan hotmik.

Ungkap Lega, selama ini paving di jalan itu sudah rusak dan berlubang. Kondisi itu banyak dikeluhkan masyarakat karena sering menyebabkan pengguna jalan kecelakaan. “Banyak laporan dari masyarakat yang mengatakan kalau di sana sering kecelakaan akibat paving rusak dan berlubang. Dan ombudsman juga sudah dua kali ke sini berkaitan hal itu,” kata Lega.

Baca juga:  Rai Mantra Cuti, Jaya Negara Pelaksana Tugas Wali Kota

Ia mengaku tidak tahu pasti apa alasan jalan itu dulunya dipasangi paving. Demikian juga yang melakukan pemasangan tidak diketahui apakah dari pemerintah provinsi atau kabupaten.

Selain jalan paving di depan Pura Ulun Danu Batur, kata Lega, pembongkaran juga akan dilakukan di jalan paving depan obyek wisata Penelokan yang masuk dalam ruas jalan nasional. Pembongkaran akan dilakukan Dinas PUPRPerkim Kabupaten Bangli bersama pihak yang menangani jalan nasional. “Mengenai rencana itu kami sudah koordinasi dengan pihak jalan nasional,” ujarnya.

Baca juga:  "Hidup" Kembali, Asap di TPA Sente Dikeluhkan

Diakuinya, ruas jalan yang sering dilalui kendaraan tidak layak dipaving. Karena cepat rusak. Dia mencontohkan seperti jalan di Kedisan. Belum dua tahun pavingnya sudah rusak sehingga diganti hotmix. Lega mengungkapkan rencanya jalan paving di kota Bangli tepatnya utara Lapangan Kapten Mudita juga akan dibongkar dan dihotmix. “Rencana dibongkar tahun ini,” imbuh Lega. (Dayu Rina/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *