Petugas gabungan melakukan pengawasan prokes di salah satu obyek wisata pantai di Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Jumlah wisatawan domestik (Wisdom) ke Badung mengalami peningkatan seiring penurunan level PPKM. Untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat pun tak mau kecolongan.

Kasatpol PP Badung, I Gst Agung Ketut Suryanegara, Senin (1/11/21) mengatakan patroli terkait penertiban Prokes terus digencarkan. “Hasil pemantauan dan pengawasan Prokes terhadap wisdom selama Oktober ketika mereka ramai datang itu rata-rata taat,” ujarnya.

Baca juga:  Diduga Langgar Aturan, Penutup Sungai di Petitenget Dibongkar

Bahkan, birokrat asal Denpasar ini mengakui jarang menemukan Wisdom melanggar Prokes. Hanya saja, pada kawasan kuliner yang masih sulit untuk ditertibkan, karena Wisdom beralasan sedang makan.
“Yang susah itu di tempat kuliner seperti pantai Jimbaran, Kedonganan atau seputaran Pantai Berawa, Canggu, agak susah penerapan protokolnya dengan alasan makan atau minum. Apalagi, duduknya berdekatan dengan alasan mereka satu keluarga atau grup,” jelasnya.

Baca juga:  Polisi Tracing Lokasi Wisdom Terpapar Omicron

Namun demikian, Suryanegara mengaku tak mau tinggal diam. Pihaknya meminta pengelola melakukan pengawasan, sehingga tidak mengandalkan petugas saja.

Seperti semua karyawan wajib pakai masker, ada tamu atau tidak pengelola diminta menugaskan satu atau dua orang yang menjadi Satgas usaha. “Sekaligus tukang sapa pelanggan, tiap beberapa menit keliling saat ada tamunya, mengingatkan Prokes pengunjungnya. Di samping itu, kami juga keliling patroli sepanjang pantai bersama satgas pantai, perwakilan owner cafe, restouran mengingatkan kepada pengunjung,” jelasnya.

Baca juga:  Jumlah Peserta IMF-WB Capai 34.000 Orang

Menurutnya, jumlah personil gabungan yang terlibat pada setiap shift mencapai 18 orang. Belasan personil ini ditugaskan pada tiap wilayah kecamatan. (Parwata/balipost)

BAGIKAN