Tangkapan layar Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat menyampaikan keterangan pers di Gedung KPK RI di Jakarta, Selasa (26/10/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kehadiran obat antivirus bukan game of changer atau pengubah situasi dalam menghadapi pandemi COVID-19. “Game of changer-nya adalah mosaik yang terbentuk mulai dari protokol kesehatan yang baik, vaksinasi yang cepat dan pengobatan yang mumpuni,” kata Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube KPK RI di Jakarta, Rabu (27/10).

Dante mengatakan pemerintah sedang berupaya memenuhi kebutuhan obat-obatan antivirus COVID-19 di dalam negeri, salah satunya berjenis Molnupiravir buatan Merck Amerika Serikat. Obat tersebut berfungsi menghambat replikasi RNA virus corona di fase awal. “Kenapa obat ini jadi salah satu yang dipilih, karena uji klinis tahap 3 Molnuvirapir dapat menurunkan angka kesakitan di rumah sakit dan menurunkan angka kematian sebanyak 50 persen pada kasus ringan, bukan kasus sedang dan kasus berat,” katanya dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Ini Alasannya, Sepekan Terakhir Banyak Kasus Transmisi Lokal Ditemukan di Denpasar

Dante mengatakan Molnupiravir termasuk satu golongan dengan obat antivirus lainnya seperti Remdesivir yang saat ini dalam pengembangan di Indonesia. “Kemarin Bapak Menteri Kesehatan beserta Menko Marinves sudah melakukan pertemuan dengan Merck di Amerika Serikat dan mencoba untuk melakukan manufacturing obat tersebut (Molnupiravir) di Indonesia,” katanya.

Dante menambahkan Kemenkes beserta para ahli sedang melakukan investigasi ke berbagai sumber obat-obatan antivirus COVID-19 untuk menambah varian obat bagi perawatan pasien di Indonesia. “Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan untuk mengadakan obat ini buat masyarakat,” katanya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Greysia Polii Gantung Raket, Menpora Berikan Ini

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *