Luhut B. Pandjaitan. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (13/9), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Akhirnya, Bali Jalani PPKM Level 3

DENPASAR, BALIPOST.com – Akhirnya Bali menjalani PPKM Level 3. Ini, diumumkan Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Senin (13/9).

Dalam keterangan pers virtual terkait evaluasi PPKM Jawa-Bali, Luhut yang Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengatakan penanganan COVID-19 di Jawa Bali terus menunjukkan perbaikan signifikan. Di Jawa-Bali, kasus turun 96 persen dibandingkan puncaknya pada pertengahan Juli lalu.

Selengkapnya baca di sini

2. Pertama Kali dalam Sejarah di Indonesia, Gubernur Koster Luncurkan Keyboard Aksara Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Pertama kali dalam sejarah di Indonesia, Aksara Bali sebagai salah satu aksara asli Nusantara ditransformasikan ke dalam bentuk digital dengan menggunakan media berupa Papan Ketik (Keyboard) Aksara Bali. Keyboard Aksara Bali ini diluncurkan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar bertepatan dengan Hari Suci Tumpek Landep, Sabtu (11/9).

Baca juga:  Waspadai Keripik Jamur Mengandung Narkoba

Acara dilaksanakan pada Hari Suci Tumpek Landep, karena merupakan hari upacara untuk menajamkan pikiran secara niskala. Acara peluncuran Keyboard Aksara Bali ini juga merupakan pencapaian tiga tahun kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Sukawati (Cok Ace).

Selengkapnya baca di sini

3. Perjalanan dari Luar Negeri Diperketat, Mau Masuk ke Indonesia Wajib Lakukan Ini

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk mencegah masuknya varian baru dari COVID-19 ke Indonesia, pemerintah pusat memperketat perjalanan dari luar negeri. Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut B. Pandjaitan, Senin (13/9), dalam evaluasi mingguannya menyebutkan hal ini.

Baca juga:  Dari Konvoi Rayakan Kelulusan hingga Belasan Warga Tertular COVID-19

Ia mengatakan ada sejumlah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin masuk ke Indonesia. Pelaku perjalanan internasional dari luar negeri wajib full vaksinasi, PCR 3 kali, dan melakukan karantina selama 8 hari. Selain itu, pemerintah juga membatasi pintu masuk untuk memudahkan pengawasan.

Selengkapnya baca di sini

4. Kinerja dan Pencapaian Luar Biasa di Tengah Pandemi

DENPASAR, BALIPOST.com – Kinerja dan pencapaian pembangunan selama tiga tahun kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) diapresiasi. Pujian datang dari Bendesa Agung Majelis Desa Adat (MDA) Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet dan Rektor Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S.

Prof Damriyasa mengatakan bahwa meskipun dalam kondisi yang sangat sulit dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Bali pada khususnya, namun kinerja dan pencapain pembangunan di Bali sangat luar biasa. Sejumlah regulasi yang dikeluarkan benar-benar sangat progresif, transformatif, dan inovatif yang telah ditetapkan dan diundangkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Gubernur (Pergub).

Baca juga:  Dari Tak Hanya Hina Nyepi hingga Dugaan Penggelapan Belasan Miliar

Selengkapnya baca di sini

5. Luhut Soroti Perayaan Agama di Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Senin (13/9) mengumumkan evaluasi PPKM levelling di Jawa-Bali. Dalam keterangan pers virtual disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden itu, Luhut sempat menyoroti tentang perayaan agama di Bali.

Ia mengatakan di Bali, orang pakai masker sudah bagus. Lebih dari 95 persen. “Tapi mohon maaf masih ada perayaan agama yang berlebihan. Hendaknya dikontrol lah supaya pesertanya jangan terlalu banyak, yang bisa nanti menimbulkan kluster baru,” sarannya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *