Sampah medis dibuang sembarangan dan berserakan di pinggir jalan. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah sampah medis diduga bekas rapid test antigen dibuang sembarangan di sekitar Terminal Gilimanuk. Ironisnya sampah medis yang hanya terbungkus plastik kresek itu berhamburan di jalan, Jumat (10/9) pagi.

Adanya bungkusan sampah ini diketahui warga dan dilaporkan ke aparat terkait. Dilihat dari sampah medis di antaranya bekas bungkus alat suntik dan bungkus rapid test.

Sampah satu kresek itu dicampur dengan sampah lain, seperti bungkus makanan.

Baca juga:  Sampel Pasien MSS Dikirim Ke Singapura

Lurah Gilimanuk Ida Bagus Toni Wirahadikusuma bersama Babinkamtibmas dan Babinsa setempat menindaklanjuti laporan warga tersebut. Pihaknya mengaku sangat kecewa lantaran Kelurahan tengah menggencarkan kegiatan bersih sampah.

“Sementara sampah kita amankan dulu, utk selanjutnya anti kita akan jajaki klinik-klinik rapid tes, sekalian menghimbau agar tidak membuang sampah sembarangan apa lagi tidak pada tempatnya,” katanya.

Semestinya klinik menyediakan juga tempat sampah khusus untuk menampung sampah sampah medis, di luar yang ditampung dalam freezer untuk limbah medis. “Kami Pemerintah Kelurahan Gilimanuk sedang gencar gencarnya memerangi sampah. Minggu kemarin kita lakukan giat kerja bakti membersihkan sampah sekaligus masang spanduk himbauan,” katanya. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *