Wayan Koster, Gubernur Provinsi Bali menerima simbolisasi dari M. Chairil - VP Government Relation for Regional Operational Excellence Gojek dengan didampingi oleh I Made Rentin, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali (kiri), Charly Raya - Head, Public Policy & Government Relation Gojek Bali Nusra dan dr. Ketut Suarjaya, Kadis Kesehatan Provinsi Bali (kanan) dalam acara serah terima bantuan alat konsentrator oksigen kepada Pemerintah Provinsi Bali sebagai bagian dukungan #bangkitbersama dalam menangani COVID-19, Senin (30/8). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, kembali mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19. Lebih dari 1.000 konsentrator oksigen didonasikan.

Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menyampaikan penanganan COVID-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. “Kami berharap dukungan kami dapat meringankan upaya Pemerintah dalam menanggulangi COVID-19. Donasi konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan COVID-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan.”

Shinto menambahkan konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan dalam aspek perawatan (treatment). Sebelumnya juga telah meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong” yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.

Ia menjelaskan melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96 persen.

Baca juga:  Harkulnas GoFood 2020, Mitra di Bali Alami Rerata Kenaikan Omzet Belasan Persen

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didirikan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi, menyerahkan 50 unit konsentrator oksigen bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Kabupaten dan Kota melalui Pemprov Bali pada Senin (30/8), yang diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Bali, Wayan Koster.

Secara keseluruhan, Provinsi Bali akan menerima 70 unit yang didistribusikan juga ke Kesdam IX Udayana dan Universitas Udayana. Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), yang dilanjutkan dengan penyerahan ke Pemprov Jabar, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Bantul, Sleman dan Kulon Progo, Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkot Malang.

Baca juga:  Gubernur Koster: Perkuat Prokes Dimasa PPKM Level III

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama, yang diinisiasi oleh GoTo. Ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan COVID-19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Gubernur Koster mengapresiasi bantuan dan dukungan GoTo. “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas dukungan pihak swasta dalam hal ini GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan mendonasikan 50 buah konsentrator oksigen yang akan sangat membantu kita dalam penanganan Covid-19 di Bali,” ujarnya.

Menurut Gubernur yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya, melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen tersebut akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen, terutama bagi pasien yang harus dirawat di RS. “Bantuan konsentrator ini sangat berharga, oksigen jadi kebutuhan yang harus dipenuhi,” tandasnya saat menerima secara simbolis bantuan tersebut dari GoTo, di rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar.

Baca juga:  Vaksinasi Massal, Urkes Polres Tabanan Sasar Apuan 

Upaya gotong royong GoTo lainnya dalam gerakan #BangkitBersama adalah mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong pertama dibangun di Pulogadung, Jakarta Timur, yang merupakan inisiasi dari GoTo, KADIN Indonesia, Samator, Master Steel, dan didukung oleh Tripatra, Halodoc dan Yayasan Anak Bangsa Bisa. Fasilitas ini memiliki 500 tempat tidur perawatan, dan masing-masing tempat tidur perawatan mendapat akses oksigen yang langsung disuplai dari pabrik gas Samator.

Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Juli meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong dan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan gotong royong pelaku usaha dalam menghadirkan fasilitas ini guna mendukung penanganan COVID-19. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *