Isoter -Pemerintah Karangasem rencananya bakal memakai rumah jabatan DPRD yang tak dimanfaatkan sebagai tempat isoter. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Karangasem terus mempersiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) guna meminimalisir penularan pasien yang diisolasi mandiri (isoman). Bahkan, Pemkab kembali memiliki rencana untuk menyiapkan rumah jabatan DPRD yang sebelumnya tak difungsikan dengan maksimal untuk dijadikan sebagai tempat isoter.

Bupati Karangasem, I Gede Dana,mengungkapkan, kalau pihaknya memang merencanakan untuk menambah tempat isoter untuk merawat pasien tanpa gejala maupun gejalan ringan Covid-19. Rencananya, pihaknya bakal memanfaatkan bekas Rumah Jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem yang sudah tidak difungsikan dengan maksimal. “Kami sebelumnya telah mengajak beberapa anggota ASN dan Non ASN untuk melakukan kegiatan bersih bersih di lingkungan rumah jabatan tersebut,” Ucapnya.

Baca juga:  Pemkab Bangli Harapkan Batur Ditetapkan Jadi KSN

Gede Dana, menambahkan, langkah yang dilakukan ini sebagai langkah pemerintah dalam mengantisipasi melonjaknya kasus orang tanpa gejala-gejala ringan (OTG-GR) dan menjaga tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) dengan mencari solusi lokasi-lokasi lain sebagai lokasi Isoter.

“Apa yang kita lakukan ini adalah untuk jaga-jaga. Karena dari sumber BPBD Karangasem dan kecamatan, sampai saat ini sebanyak 344 kamar sudah disiapkan dan sudah terisi pasien sebanyak 108 kamar, sehingga masih sisa 236 bed. Mudah-mudahan kasus covid-19 menurun sehingga dapat mengurangi beban tempat isolasi terpusat tersebut,” harapnya.

Baca juga:  Rapat Paripurna V DPRD Jembrana Tetapkan Dua Ranperda

Dia menjelaskan, hinggi saat ini sudah 344 kamar hotel sudah disiapkan oleh Satgas Covid-19 yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Karangasem. Diantaranya, di Kecamatan Karangasem ada SKB Jasri 60 Kamar dan Villa Taman Surgawi Ujung 61 Kamar. Di Kecamatan Abang ada Hotel Amed Café 60 Kamar dan Hotel Aria 20 Kamar. Di Kecamatan Manggis ada BayShore Hotel dengan 27 kamar, Sea Breeze Hotel 12 kamar dan Penginapan Dwi Utama 5 kamar. Di Kecamatan Kubu ada hotel Aries dengan ketersediaan 22 kamar dan Tropical Guest House 20 kamar. Lalu sisanya penginapan Lembah Arca, Rendang 10 Kamar, Villa Sweat Escape , Selat 20 Kamar, Alam Dari Villa, Sidemen 14 Kamar dan Uma Agung Villa 13 kamar. “Jadi, masyarakat yang akan melakukan isolasi terpusat tidak perlu khawatir lagi. Pemerintah daerah sudah siap menerapkan isolasi terpusat,” Jelas Gede Dana. (Eka Prananda/Balipost)

Baca juga:  Penyegaran Semangat Kerja, Astra Motor Bali Ajak Petugas CRM Rafting

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *