Lily Sulistya Dewi Tirthajaya. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tercatat tiga petembak PON dipanggil, guna membela Timnas pada Kejuaraan Internasional Indonesia Open, September. Ketiga petembak yang dipanggil adalah Kadek Rico Vergian Dinatha, Talitha Judith Almira, dan Lily Sulistya Dewi Tirthajaya.

Pelatih tembak PON Bali Isro Firdaus, di Denpasar, Senin (23/8) mengungkapkan, pihaknya telah berkonsultasi dengan KONI Bali terkait pemanggilan atlet. Intinya, KONI menginstruksikan supaya ketiga petembak PON Bali fokus pada program TC sentralisasi, sekaligus memperkuat Bali di ajang PON Papua. “Jadi, kami tidak mengirimkan ketiga atlet yang dipanggil, sebab mereka fokus berlatih menghadapi PON Papua,” tutur Isro.

Baca juga:  Gateball Dicoret, Medali Emas Bali Berkurang

Dijelaskannya, petembak PON Bali baru saja mengikuti Kejurnas Online Jakarta Anniversary, 17-22 Agustus. Alhasil, petembak Bali merebut 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Sekeping emas dipersembahkan Lily, di nomor air pistol 10 meter.

Selanjutnya, medali perak diperoleh melalui petembak Talitha, di nomor air pistol, Ni Putu Serly Widyaningsih, di nomor air pistol junior, Ketut Sudiana, di nomor free pistol. Sementara, 3 perunggu diperoleh melalui petembak Savitri Mirzaila, di nomor Air Rifle Match (ARM), Kadek Diana Putra di nomor air pistol.

Baca juga:  Deko Siap Tuntaskan Pertarungan Lebih Cepat

Isro menambahkan, secara teknik materi latihan telah tuntas. Bahkan, dalam beberapa kali event nasional, petembak PON Bali mampu menduduki peringkat kelima. Artinya, kata dia, mereka berpeluang melaju ke final. “Saat ini mereka perlu diasah mental bertandingnya dan secara psikologis mentalnya harus dibenahi,” pesan dia.

Dia mengakui, mental dan beban petembak ketika berlaga di PON, sangat berbeda jika dibandingkan pada event kejurnas. Karena itu, tiap kali hajatan PON dipastikan muncul juara wajah baru, dan bisa mengalahkan petembak yang berjaya di kejurnas. “Beban dan mental juara di ajang PON sangat berbeda, dibandingkan pada kejurnas,“ ucapnya.

Baca juga:  Desak Rita dan Wisnu ke Final Speed

Pelatih lainnya Huzaini juga mengingatkan, petembak PON Bali yang perlu diasah mental psikologisnya, agar saat bertanding memiliki mental juara. “Kalau secara teknik mereka sudah cukup, tinggal petembak saat tampil harus tanpa beban, dan memiliki mental juara,” terang dia. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *