Petugas membawa jenasah pasien positif COVID-19 untuk dikremasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (13/8), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Pecah Rekor Korban Jiwa COVID-19, Sebanyak 34 Orang Meninggal Hari Ini!

DENPASAR, BALIPOST.com – Rekor tambahan korban jiwa dicatatkan Bali pada Jumat (13/8). Jumlahnya mencapai 51 orang.

Dilihat dari data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, delapan kabupaten/kota melaporkan tambahan kematian karena COVID-19. Bahkan, korban jiwa yang meninggal pada hari ini mencapai 34 orang atau 66 persen dari total kematian yang dilaporkan.

Selengkapnya baca di sini

2. Menko Luhut Soroti Penanganan COVID-19 Bali, Gubernur Koster Minta Semua Bekerja Lebih Keras

Baca juga:  Keluarga Tunggu Kedatangan Jenazah Ko-Pilot Wayan Sugiarta

DENPASAR, BALIPOST.com – Tingginya kasus baru varian Delta COVID-19, dan belum menurunnya kasus, serta masih tingginya pasien COVID-19 yang meninggal menjadi sorotan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut mengadakan kunjungan kerja dan rapat evaluasi PPKM Level 4 di Bali bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Kamis (12/8).

Masih tingginya kasus ini disebabkan tingginya aktivitas masyarakat dan kerumunan, sehingga terjadi penularan COVID-19 begitu cepat. Kasus aktif COVID-19 di Bali sudah mencapai 12.592 orang.

Selengkapnya baca di sini

3. Sastra Dresta: Atasi Wabah Upacara Keagamaan Ditiadakan

Dinas Kesehatan Provinsi Tingkat I Bali tahun 1980/1981 telah menterjemahkan berbagai lontar usada, salah satunya yang utama adalah Usada Anda Kecacar, yang halaman depannya berisi ‘dresta’ (preseden) yang dipakai pedoman kebijakan pengaturan publik untuk desa adat pakraman ketika mengadapi wabah.

Baca juga:  Cegah Pemblokiran Pintu Hotel di Bali, Naker Lokal Perlu Diperhatikan

Disebutkan ketika terjadi wabah: Semua upakara, puja wali dan pemujaan pada para dewa dihentikan. Kegiatan keagamaan ditiadakan. Demikian dresta (presenden hukum) berdasarkan lontar Usada Anda Kecacar.

Selengkapnya baca di sini

4. Kasus COVID-19 Belum Juga Turun, Luhut Minta Bali Redam Dulu Upacara Keagamaan

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar, Provinsi Bali pada Kamis (12/8). Bali dinilai masih harus dioptimalkan penanganan pandeminya.

Baca juga:  Dari Dua Remaja Ditangkap hingga Libur Akhir Tahun Dikurangi Kadispar Bali Justru Katakan Ini

“Bali itu 91 persen sudah vaksin, harusnya sudah bagus. Tapi ini masih stagnan, belum turun, sementara tempat-tempat lain sudah turun,” tegas Menko Luhut, dikutip dari rilisnya.

Selengkapnya baca di sini

5. Sehari Setelah Kunjungan Menko Luhut, Tiga Rekor Dipecahkan Bali!

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (13/8), sehari setelah kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Bali mencapai 3 rekor dalam penanganan COVID-19. Yaitu, tambahan kasus baru, pasien sembuh, dan kematian.

Sehari sebelumnya, Luhut sempat mengatakan bahwa kasus di Bali belum juga turun. Padahal di daerah-daerah lain sudah turun.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN