Pemain Rugby PON Bali sedang berlatih. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cabor rugby yang meloloskan tim putri, sejak TC sentralisasi awal Agustus lalu, mulai memasuki masa pra kompetisi. Artinya, saat ini rugby menjalani uji coba atau latih tanding, meladeni lawan-lawan yang tangguh. Tim putri Bali lolos di nomor rugby seven.

Pelatih tim rugby PON Bali Wira Ditta Lokantara, di Denpasar, Rabu (11/8) menuturkan, pihaknya resmi memasukkan 10 skuad tim putri. Mereka antara lain Santika, Sartika, Ari, Mita, Sukma, Ayu, Diana, Rani serta Kusuma Dewi. “Dalam permainan rugby, tiap regu diperkuat 7 pemain,” jelas Wira Ditta.

Baca juga:  Blood and sport: the samurai slashing that brought rugby to Japan

Dijelaskannya, sebelum memutuskan tim definitif 10 pemain, pihaknya telah memulangkan 2 pemain. Padahal, untuk sparring minimal melibatkan 14 pemain, sehingga tim PON kekurangan 4 pemain lagi. “Pola latihan kami menggunakan tim internal 5 pemain melawan 5 pemain,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, mereka berlatih di Lapangan Debes Tabanan, berikut melakukan latihan fisik di fitnes KONI Tabanan. “Latihan hampir tiap hari 3 kali sesi. Pagi berlatih di lapangan, siangnya fisik di gym, kemudian pulang ke hotel dan sorenya berlatih lagi,” terangnya.

Ia mengakui, dua tim putri rugby dari Papua dan DIY, sedianya melakukan uji coba melawan tim Bali pada awal Agustus. “Mereka memilih Bali, karena memang ada program try out,” tuturnya. Akan tetapi, uji coba batal karena terkendala PPKM. “Kami sudah berkoordinasi dengan KONI Bali, tetapi memilih untuk tidak melakukan try in,” sebut dia.

Baca juga:  Gianyar Siapkan Kejuaraan Internasional

Alasannya, lanjut Wira Ditta, seluruh pemain harus menjalani tes swab, termasuk sudah melakukan vaksinasi. “Kami terpaksa membatalkan uji coba, sebab saat itu sedang genting-gentingnya memasuki PPKM,” kilah. Idealnya untuk melakukan sparring, menurut Wira Ditta, setidaknya memerlukan empat pemain lagi, sebagaimana cabor lain melibatkan atlet yang diajak latih tanding, sekaligus menginap di hotel.

Oleh sebab itu, pihaknya mengusulkan kepada KONI, agar menambah 4 pemain lagi supaya terpenuhi kuota 14 pemain. “Cabor rugby juga menunggu untuk bantuan peralatan,” katanya. Dalam melakukan uji coba, terkadang terkendala pemain yang diajak sparring, syaratnya harus sudah vaksin serta sebelum bertanding melakukan tes swab antigen. Tim rugby putri yang lolos PON adalah Bali, Aceh, DKI, DIY, Jabar serta tuan rumah PON Papua. (Daniel Fajry/balipost)

Baca juga:  Rugby Putri Bali Targetkan ke Semifinal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *