Warga menerima bantuan sembako dari Food for Jobless dan Nasi2K, Minggu (8/8). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Foods for Jobless dan Nasi2K bersama para relawannya membagikan sembako dan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak. Mereka sejak Maret 2020 telah memulai aksi nyata untuk meringankan beban warga yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

Minggu (8/8), Foods for Jobless dan Nasi2K ini bersinergi dengan program Wirasa Bali TV membagikan paket sembako dan nasi bungkus kepada masyarakat di depan Bali TV, Jalan Kebo Iwa,  dan Bali Post di Jalan Kepundung. Aksi sosial ini disambut positif warga.

Founder Foods for Jobless dan Co-Founder Nasi2K, Fanty Fang didampingi Koordinator Relawan, Kadek Herry Kurniawan mengungkapkan pihaknya mulai melakukan aksi ini Maret 2020. Ia melihat kondisi Bali yang mengandalkan sektor pariwisata terimbas dengan banyaknya kasus COVID-19 yang berawal di Wuhan.

Baca juga:  Bupati Suwirta Manfaatkan Hari Liburnya dengan Bedah Desa

Benar saja, dalam beberapa bulan kemudian akhirnya Bali benar-benar merasakan dampaknya. “Pariwisata tidak ada, pasti banyak pengangguran,” ujarnya.

Karena itu, ia berinisiatif untuk mendirikan Foods for Jobless ini. Awalnya, April 2020 aksi sosial yang ia rintis telah menyalurkan saluran bantuan paket sembako ke Koperasi Pas On Bali Sejahtera yang membawahi ratusan driver online. “Kami berikan bantuan kepada para driver yang mulai terdampak akibat penurunan penumpang,” ujarnya.

Baca juga:  Masih Terus Bertambah, Ini Komposisi Transmisi Lokal COVID-19 Dirawat dan Sembuh

Selain itu, sejak Mei 2021, pihaknya mendapatkan saran dari temannya di Australia untuk menjual nasi seharga Rp 2 ribu. Karena banyak dari masyarakat yang daya belinya turun.

Kemudian, yang membuat nasi tersebut dicari para pemilik warung yang tutup. Mereka yang kemudian membuat dan hasilnya penjualannya diserahkan kembali kepada mereka.

Sampai saat ini sudah ada tujuh pemilik warung yang buka kembali melalui program ini. Mulai dari Denpasar hingga ke Karangasem.

Hingga Minggu (8/8) ini, pihaknya sudah menyalurkan bantuan sebanyak 4.164 sembako, 1.100 nasi bungkus, 200 kg beras. Selain itu, pihaknya juga memberikan satu tangki tandon air 5.%00 liter kepada masyarakat di Tianyar, Karangasem.

Baca juga:  Penutupan Bandara Juanda, Empat Penerbangan Dialihkan Ke Bali

Di sisi lain, Koordinator Relawan yang juga pengurus Koperasi Pas On Bali Sejahtera, Kadek Herry Kurniawan mengungkapkan sejak pandemi ini terjadi, Bali pasti sepi. Pihaknya yang membawahi ratusan driver online sangat merasakan dampaknya ketika bandara mulai tutup.

Melihat kondisi itu, pihaknya akhirnya memberikan bantuan kepada para driver yang sangat terdampak. Kini, bukan saja driver, masyarakat, lansia, ODGJ pun juga ikut diberikan bantuan. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *