Mahasiswa Institute Teknologi Sumatra (Itera) serang mengamati benda-benda langit. Selasa, (25/5/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Penampakan benda bercahaya di langit kota Bandung dilakukan evaluasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Benda tersebut terekam dalam video berdurasi sekitar 30 detik yang sempat viral di media sosial.

“Terkait fenomena tersebut, itu masih dievaluasi oleh teman-teman yang memahami,” kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (30/7).

Baca juga:  13 Pelabuhan Terapkan Layanan Berbasis Online

Emanuel mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memberikan kesimpulan untuk menjelaskan fenomena tersebut karena evaluasi dan analisa masih berlangsung.

Dihubungi terpisah, peneliti astronomi dan astrofisika di Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto menuturkan video tersebut sudah menjadi perbincangan peneliti di Lapan.

Kejadian tersebut tidak terkait fenomena meteorologis. Namun, untuk penjelasan detailnya, diperlukan analisa terhadap data yang memadai. Evaluasi video itu juga masih terus dilakukan oleh peneliti Lapan. “Itu tidak terkait benda alamiah, melainkan drone atau satelit. Namun, kami belum mendapatkan data yang cukup untuk berkesimpulan,” tutur Rhorom. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *