Petugas mengecek kesehatan hewan kurban, sehari menjelang Idul Adha, Senin (19/7). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian Bidang Kesehatan Hewan melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban pada Senin (19/7). Hal ini guna memastikan kesehatan hewan saat hari Suci Idul Adha.

Sehingga, daging kurban yang dibagikan dapat dipastikan sehat dan aman dikonsumsi. Beberapa titik penjualan hewan kurban di Kota Denpasar menjadi lokasi pengecekan.

Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan, Made Ngurah Sugiri saat dikonfirmasi menjelaskan, sebagian besar umat muslim turut menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing sebagai wujud persembahan suci. Pun demikian, di masa pandemi COVID-19 ini, masyarakat diharapkan mematuhi penerapan protokol kesehatan saat hendak melaksanakan kurban.

Baca juga:  Ini, Penyebab Badan Lemas Penderita Diabetes

Sugiri menjelaskan, pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini pihaknya mengimbau umat muslim yang hendak melaksanakan penyembelihan hewan kurban agar menerapkan protokol kesehatan. Hal ini lantaran Perayaan Idul Adha tahun ini masih dalam penerapan PPKM Darurat Jawa Bali serta mempedomani SE Dirjen PKH Nomor 8017 Tahun 2021 dan Permentan Nomor 114 Tahun 2014.

“Masyarakat yang akan menyembelih sendiri diharapkan berkordinasi dengan RPH jika penyembelihan tidak dilaksanakan di RPH. Namun demikian RPH Kota Denpasar mengajak masyarakat untuk melaksanakan pemotongan khusus Sapi di RPH, hal ini juga sebagai upaya untuk menghindari kerumunan saat melaksanakan pemotongan, sehingga setelahnya daging kurban bisa dikirimkan dengan sistem dari pintu ke pintu,” pungkasnya. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Dua Hari Jelang Idul Adha, Arus Warga ke Luar Bali di Gilimanuk Meningkat
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *