Suasana pengoperasian 5G di GraPARI Telkomsel Renon, Denpasar, Senin (7/6). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan 5G di lima kota lainnya. Yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar, Senin (7/6).

Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam rilis yang diterima mengatakan kehadiran layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai “the first 5G operator in Indonesia.” “Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri,” sebutnya dalam rilis yang diterima.

Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo RI, Mulyadi ST, MT, mengatakan Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar 5G. “Masyarakat Kota Denpasar juga telah menjadi salah satu kota pertama di Indonesia yang menikmati layanan 5G. Ini menunjukan Kota Denpasar dan Bali memiliki potensi yang sangat strategis bagi pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dan memiliki arti penting untuk perekonomian di Indonesia,” tuturnya.

Baca juga:  Ramadan dan Lebaran, Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hampir 50 Persen

Ia menambahkan, ini suatu kesempatan yang luar biasa, yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. Hadirnya 5G harus dapat mendorong industri pariwisata di Bali menjadi lebih maju.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, SE, MM mengatakan, layanan internet dengan kecepatan tinggi saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Ia mengatakan kehadiran 5G diharapkan dapat membawa pengaruh positif dalam berbagai sektor, utamanya UMKM.

Baca juga:  Telkomsel Beri 150.000 Kartu Merdeka Belajar Jarak Jauh di Provinsi Bali

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk Kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center.

Sedangkan di Kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk Kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya.

Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Baca juga:  Kembangkan Potensi Desa Adat, Wujudkan SDM Bali Berkualitas

Untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G dari Telkomsel di kedua kampus ternama ini ditujukan untuk mendukung riset yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna bagi kehidupan masyarakat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *