Salah satu embung yang ada di Kubu. Volume air yang ada di embung masih mencukupi untuk kebutuhan warga sampai empat bulan kedepan. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas PUPR Karangasem dalam memasuki musim kemarau, memastikan air yang ada di masing-masing embung mencukupi. Bahkan sampai empat bulan ke depan.

Di Kabupaten Karangasem terdapat sebanyak 17 embung yang tersebar di sejumlah kecamatan, yakni embung di Tukad Buah, Pasar Agung, Nangka, Yeh Kori, Kedampal, Baturinggit, Batudawa, Besakih, Muntig, Badeg Dukuh, Telun Buana, Tanah Aron, Datah II, Bukit, Dukuh, Untalan, dan Batudawa II.

Baca juga:  Warga Petulu Gunung Keluhkan Air PDAM yang Mati

Dari jumlah embung yang ada ini, sampai saat ini embung masih berisi air. Dan memasuki musim kemarau ini, warga mulai memanfaatkan air bersih yang ada di masing-masing embung untuk kebutuhan sehati-hari. “Sampai saat ini, belum ada embung yang airnya habis. Semuanya masih terisi air. Kami rasa, air yang ada mencukupi kebutuhan warga sampat empat bulan kedepan,” kata Kabid Sumber Daya Air (SDA), Dinas PUPR, I Made Wiguna, Jumat (28/5).

Baca juga:  Lima Obyek Wisata di Tabanan Siap Dibuka

Dia menjelaskan, dari ke-17 embung yang ada ini tidak semua dibangun kabupaten. Untuk kabupaten dibangun lima embung sisanya dibangun oleh balai. “Untuk dua embung di bangun di lahan hutan, dan tiga embung dibangun di lahan milik warga. Embung yang dibangun di lahan warga itu merupakan pembebasan lahan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *