Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana, saat berkunjung ke lokasi proyek, Kamis (27/5). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST. com – Proyek bendungan Sidan yang saat ini sedang pelaksanaan pembangunan kedepan diharapkan bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat Bali. Hal ini disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana, saat berkunjung ke lokasi proyek, Kamis (27/5).

Dalam kunjungan tersebut, Ari didampingi Dian Setyo Nugroho, ST-Project Manager dan Wayan Andi Frederich ST, MT, PPK Bendungan I, SNVT Bendungan. Rombongan melihat langsung seluruh areal kawasan pembangunan Bendungan dari aeral Anjungan, yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau pembangunan Terowongan Pengelak yang masih dalam tahap pembangunan.

Baca juga:  Puluhan Proyek di Badung Molor

Bendungan Sidan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditetapkan berdasarkan Perpres No.56 Tahun 2018. Terletak pada Aliran Sungai/Tukad Ayung. Bendungan Sidan, memiliki lokasi Tapak Bendungan dan Genangan yang berada di beberapa desa, di tiga kabupaten yaitu : Desa Sidan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung; Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar; dan Desa Bunutin, Desa Mengani, Desa Langgahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Baca juga:  Akhirnya Rampung, Pustu Abiansemal Dauh Yeh Cani Belum Berfungsi

Ari menyampaikan harapan agar keberadaan Bendungan ini bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat Bali, dengan tetap menjaga dan melestarikan alam serta lingkungan sekitarnya. Ari juga mengapresiasi rencana pengembangan berbagai fasilitas penunjang, khususnya gardu pandang yang juga menyediakan ruang amphitheater. Tempat ini nantinya akan dimanfaatkan untuk wisata edukasi dan menyampaikan berbagai informasi penting terkait Bendungan Sidan, termasuk dokumentasi pembangunannya.

Setelah berfungsi secara penuh, Bendungan Sidan akan memberikan pasokan air baku bagi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Tabanan, dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga lisrik, konservasi dan juga sangat potensial dikembangkan sebagai destinasi pariwisata baru.

Baca juga:  Dari Balita Laki-laki Ditemukan Meninggal hingga PNS Tewas Ditabrak Truk

Untuk memastikan wilayah hilir tidak akan kekurangan pasokan air terutama yang dibutuhkan untuk irigasi pertanian, Bendungan Sidan akan menerapkan tata kelola air yang baik. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *