Krama ngayah untuk persiapan Pujawali di Dang Kahyangan Jagad Silayukti. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Puncak pelaksanaan upacara Pujawali Dang Kahyangan Jagad Silayukti Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem jatuh pada Buda Kliwon Pahang, Rabu (19/5). Pelaksaaan pujawali kali ini hanya nyejer selama tiga hari.

Bendesa Adat Padangbai, I Komang Nuriada, mengungkapkan, pelaksanaan Pujawali Dang Kahyangan Jagad Silayukti Padangbai tahun ini hanya dilaksanakan selama tiga hari karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.¬†“Nyejernya hanya tiga hari saja. Bahkan, sebelumnya selama dua kali nyejernya hanya satu hari. Untuk kali ini disepakati ditambah dua hari lagi, sehingga menjadi tiga hari nyejernya. Puncaknya besok, sedangkan untuk penyineban jatuh pada Sabtu 22 Mei nanti,”¬†ucapnya.

Baca juga:  Disinfeksi Dilakukan di Padangbai

Nuriada, menambahkan, bagi krama Bali yang hendak tangkil untuk melakukan persembahyangan dipersilakan. Di tengah situasi masih pandemi COVID-19, pihaknya menghimbau umat tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya tetap memakai masker.

“Kita juga telah menyediakan tempat cuci tangan di areal pura bagi para pemedek termasuk menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus tersebut,” jelas Nuriada. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *