Menhub mengecek pengerjaan Pelabuhan Sampalan, Sabtu (15/5). (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 nampak belum berakhir. Nasib pariwisata Bali ke depan juga belum jelas.

Meski demikian, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meyakini pariwisata akan mampu segera pulih. Menhub antusias tetap menyelesaikan pengerjaan Pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Bahkan, Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan tahun baru 2022 Pelabuhan Sampalan sudah bisa beroperasi. Menhub menegaskan itu, saat turun langsung ke lokasi proyek Pelabuhan Sampalan, Sabtu (15/5).

Kedatangan Menhub didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kadis Perhubungan I Nyoman Sucitra serta Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra.

Baca juga:  Korupsi Pembangunan Ruangan Kelas, Kepala SMAN Satap Dihukum Tiga Tahun

Antusias Menhub RI ini memberi rasa optimis bagi masyarakat Bali, khususnya Nusa Penida. Pelabuhan Sampalan akan menunjang arus penyebrangan dari dan ke Nusa Penida menjadi lebih layak dari sebelumnya, yang hanya mengandalkan pelabuhan rakyat.

Menhub Budi Karya Sumadi saat tiba di lokasi mengaku sangat senang melihat langsung tiang-tiang beton sudah berdiri. Ini menunjukan progress pembangunan sudah berjalan lancar walaupun di tengah pandemi COVID-19.

“Pembangunan pelabuhan ini harus jalan sesuai dengan arahan Bapak Presiden. Saya sangat senang melihat tiang-tiang ini sudah berdiri. Saya yakin tahun baru 2022 nanti pembangunan selesai dan segera beroperasi,” tegas Menhub.

Baca juga:  Budi Daya Rumput Laut Makin Diminati Warga Lembongan

Ia mengaku ditengah kesibukan memantau mudik lebaran, ia selalu ingat dengan komitmen dan janjinya kepada masyarakat Nusa Penida. Terlebih, proyek ini juga menelan anggaran cukup besar, sehingga pengerjaannya harus dikawal, agar benar-benar dipastikan terlaksana sesuai perencanaan.

Menhub menambahkan, pembangunan pelabuhan ini sangat strategis bagi Bali. Apalagi bagian Bali yang menjadi destinasi wisata seperti Nusa Penida harus didukung penuh agar terus bisa tumbuh.

“Kami janji tahun baru kita sudah di sini. Melihat bagaimana wisatawan datang ke sini memberikan kesan pertama yang bagus untuk Nusa Penida,” tegas Menhub.

Baca juga:  Dipertanyakan, Pungutan Iuran Listrik ke Pedagang Pasar Kidul

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta nampak cukup lega dengan komitmen dan antusias Menhub Budi Karya Sumadi. Ia pun berharap tahun baru 2022 bisa terwujud sesuai dengan rencana.

Menhub datang kembali dan meresmikan pelabuhan ini. Selama proses pembangunan Bupati Suwirta juga kerap turun langsung ke lokasi melihat dari dekat proses pengerjaannya. Agar “wajah pertama” Nusa Penida ini nanti memberi kesan baik bagi setiap wisatawan yang datang.

Sebagai daya dukung pelabuhan, Bupati Suwirta juga meminta kepada masyarakat Nusa Penida agar ikut serta memahami proses pembangunan ini. Sehingga bisa menyesauikan penataan di sekitarnya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *