Bupati Giri Prasta saat menghadiri Peresmian dan Launching Pelayanan Publik ‘SAMSAT KERTI’, Samsat Drive Thru, Samsat Drive Thru Ditlantas dan Inovasi SKCK Drive Thru Dit Intelkam Bali di Kantor Samsat Badung, Jumat (7/5). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan apresiasi terhadap beberapa inovasi pelayanan publik yang digagas dan diluncurkan oleh Polda Bali. Karena ini dalam upaya mewujudkan pelayanan prima dan memudahkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Giri Prasta saat menghadiri Peresmian dan Launching Pelayanan Publik ‘SAMSAT KERTI’, Samsat Drive Thru, Samsat Drive Thru Ditlantas dan Inovasi SKCK Drive Thru Dit Intelkam Bali bertempat di Kantor Samsat Badung, Jumat (7/5). Launching ini merupakan gagasan Polda Bali bersama instansi terkait seperti Bapenda dan Jasa Raharja yang masuk dalam program 100 Hari Kinerja Kapolda Bali.

Acara juga diikuti oleh seluruh Polres se-Bali secara daring melalui Zoom Meeting.

Dengan adanya inovasi dari Polda Bali ini menurut Giri Prasta pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Badung yang biasanya dilakukan secara daring atau datang langsung ke lokasi yaitu Kantor Samsat induk, namun sekarang sudah ada cara alternatif baru bagi pemilik kendaraan saat akan melakukan pembayaran yaitu dengan menggunakan inovasi pelayanan publik Samsat Drive Thru. “Pelayanan pajak tanpa harus turun dari kendaraan. Ini seperti kita memesan makanan di restoran cepat saji dimana pemilik kendaraan hanya menyerahkan KTP asli dan STNK asli kepada petugas di loket dan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja,” katanya.

Baca juga:  Jelang Pelantikan Presiden, Penglingsir Puri Tolak Demo Anarkis

Dikatakan lebih lanjut inovasi ini membuat lebih singkat dan lebih mudah dimana pelayanan di Samsat Drive Thru ini mencegah kerumunan massa saat membayar pajak kendaraan. Untuk itu diharapkan agar masyarakat memanfaatkan pelayanan ini untuk membayar pajak kendaraan sehingga antrian wajib pajak di kantor samsat berkurang.

“Dengan adanya inovasi ini dapat mencegah kerumunan dalam mentaati protokol kesehatan serta mempermudah masyarakat dalam membayar pajak,” ujarnya seraya menambahkan menyambut baik inovasi ini karena pembayarannya sudah bisa dilakukan dengan cashless untuk mengurangi kontak tangan.

Baca juga:  Masih Ada Pemotor Tak Gunakan Masker, Polres Badung Lakukan Ini

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra dalam sambutanya mengatakan dilaksanakannya peresmian beberapa inovasi di bidang pelayanan publik merupakan upaya bersama dalam rangka memperbaiki dan mengoptimalkan infrastruktur pendukung pelayanan masyarakat khususnya pelayanan di bidang kepolisian. “Hal ini sejalan dengan program Bapak Kapolri yaitu Presisi, Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan yang terutamanya adalah Program di Bidang Transparansi di bidang pelayanan publik,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan empat inovasi yang dilaunching hari itu adalah Pelayanan Publik ‘SAMSAT KERTI’, Samsat Drive Thru, Samsat Drive Thru Ditlantas dan Inovasi SKCK Drive Thru Dit Intelkam Bali yang diharapkan dalam situasi sulit ini bisa mengoptimalkan pendapatan daerah. Dikatakan pula inovasi ini sebagai bentuk upaya Polri dan instansi terkait dalam menjawab kebutuhan terhadap pelayanan masyarakat. Serta menindaklanjuti pernyataan Presiden RI untuk menghadirkan pelayanan publik dengan cara baru dan inovasi. “Kita semua berharap inovasi ini dapat berguna bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang baik dan para pelayanannya dapat memberikan pelayanan yang prima,” katanya.

Baca juga:  Bupati dan Wakil Bupati Badung Hadiri Tabligh Akbar Harlah ke-93 dan Pelantikan PC NU

Acara juga dihadiri oleh Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Indra, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Kepala Bapenda Provinsi Bali, Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, Kepala Cabang Jasa Raharja Bali Dwi Sasono, Kepala Cabang BPD Mangupura dan undangan lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *