Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menghadiri peresmian Pos Polisi (Pos Pol) di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada akhir pekan lalu. (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pos Polisi (Pospol) di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada diresmikan Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra. Kehadiran Pos Pol ini akan dapat mempercepat pelayanan kepolisian di wilayah yang dikenal memiliki potensi pariwisata itu.

Kapolda Irjen Pol Danu Putra menyebut, keberadaan pos pol ini sangat membantu jajarannya dalam melayani masyarakat dan menjaga situasi kamtibmas di wilayah bersangkutan agar tetap kondusif. Selain itu, fasilitas pos pol sendiri bukan saja untuk menunjang tugas-tugas kepolisian, namun tempat tersebut agar digunakan bersama TNI dan Pam Swakarsa.

Baca juga:  Obok-obok Ruang Kerja Mang Jangol, Ini Kata Polisi

Dengan demikian akan menimbulkan sinergitas Polri, TNI, dan masyarakat akan terjalin dengan baik, sehingga situasi kamtibmas semakin kondusif. “Sekarang pemerintah membentuk pengamanan berbasis desa adat, dan saya kira di pos pol bisa digunakan bersama TNI dan Pam Swakarsa, sehingga sinargitas Polri, TNI, dan kelompok masyarakat akan terjalin dengan baik,” katanya.

Di sisi lain Kapolda Irjen Pol Danu Putra menyebut, masih banyak lokasi yang memerlukan dibangun pos pol. Hanya saja, ini terbentur dengan sulitnya mencari lahan yang dianggap representatif. Untuk itu, pihaknya berharap peran Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bersama-sama mencari jalan keluar, sehingga ke depan bisa lebih banyak lagi beroperasi pos pol. “Kalau ada lahan yang bisa dimanfaatkan dan dihibahkan ke Polri untuk dapat didirikan pos pol yang pendiriannya menggunakan anggaran APBN,” tegasnya.

Baca juga:  Kapolda Perintahkan Langsung Tembak Hadapi Preman Bersenjata

Sementara itu, Kapolres Buleleng AKBP Made Sinar Subawa mengatakan, Pos Pol Pancasari diperlukan karena ruas jalan Singaraja-Bedugul termasuk di Pancasari sering terjadi kemacetan lalu lintas. Selain itu, di ruas jalan ini rawan terjadi tanah longsor, pohon tumbang dan banjir.

Kondisi ini perlu penanganan cepat dan juga diperlukan kehadiran Polri. “Ada beberapa pertimbangan selain rawan macet, rawan bencana, dan di Desa Pancasari dan sekitarnya merupakan daerah pariwisata dan memerlukan kehadiran unsur pengamanan Polri,” katanya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *