Ilustrasi. (BP/Suarsana)

TABANAN, BALIPOST.com – Meski sudah turun status menjadi zona orange, Satgas Penanganan COVID-19 Tabanan masih harus kerja keras agar 133 desa yang ada bisa seluruhnya menjadi zona hijau. Dari hasil evaluasi PPKM skala mikro untuk periode 12 April-18 April 2021, masih tercatat ada satu desa dengan status zona orange, yakni desa Antapan, Kecamatan Baturiti.

Data yang dihimpun dari Koordinator Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan, terjadi peningkatan desa zona hijau sebanyak 2 desa (2,7 persen) dari periode sebelumnya. Termasuk juga terjadi peningkatan banjar zona hijau sebanyak 2 banjar (0,28 persen).

Begitupun untuk zona kuning, dari hasil evaluasi menunjukkan terjadi penurunan sebanyak dua desa (3,33 persen) termasuk penurunan pada 2 banjar (1,96 persen) dari periode sebelumnya.  Sedangkan untuk desa zona orange hanya tinggal 1 desa tetap dari periode sebelumnya, dan untuk banjar nihil atau tidak ada yang orange. “Ini juga hasil dari vaksinasi serentak belakangan ini khususnya menyasar tiga desa di kawasan obyek wisata untuk zona hijau, selain juga vaksinasi lansia dan petugas pelayanan publik juga masih terus berjalan di 29 fasyankes pemberian vaksin, serta disiplin masyarakat terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan,” terangnya dikonfirmasi Rabu (21/4).

Baca juga:  Tabanan Laporkan Korban Jiwa COVID-19, Kabar Baiknya Tambahan Sembuh Lebih Banyak dari Kasus Harian

Lanjut dikatakan Dian Setiawan, dari 133 desa yang ada dikabupaten Tabanan kini tercatat 74 desa zona hijau, 58 desa zona kuning dan 1 desa zona orange. Sedangkan di tingkat banjar sejumlah 817 banjar, 717 banjar zona hijau, 100 zona kuning. “Untuk banjar tidak ada yang orange,” ucapnya.

Meski sudah ada kabar baik terkait dengan penanganan kasus COVID-19 di Tabanan, Mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan ini tetap meminta masyarakat ikut mendukung pemerintah daerah dalam upaya percepatan penanganan COVID-19. Salah satunya, tetap disiplin prokes.

Baca juga:  Bapak Ergonomi Dunia Berpulang

Karena, di masa pandemi, penyebaran virus masih tetap harus dicegah. Tiap harinya masih ada saja tambahan kasus baru, seperti hari ini terdapat tambahan 15 orang, terbanyak di Kecamatan Baturiti. Mereka menjalani isolasi di RSUP Sanglah 1 orang, RSU Parama Sidhi 1 orang, RSU Kerta Usada 1 orang, BRSUD Tabanan 2 orang, RSU Nyitdah 1 orang, RSU Bhakti Rahayu Tabanan 2 orang, RS Semara Ratih 2 orang, RSU Kasih Ibu Tabanan 1 orang dan melakukan isolasi mandiri sebanyak 4 orang.

Baca juga:  Swab Massal ASN Tabanan Ditunda, Dari Ribuan Dites Terdapat Belasan Terkonfirmasi COVID-19

Di sisi lain, sebanyak 9 orang pasien telah dinyatakan sembuh. Kesembilan orang ini sebelumnya menjalani perawatan maupun isolasi mandiri tersebar di RSUP Sanglah 1 orang, RS Jiwa Provinsi Bali 1 orang, RSU Nyitdah 1 orang, dan melakukan isolasi mandiri 6 orang.

Sementera itu Satgas pendisiplinan masyarakat juga terus bergerak melakukan operasi yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 di Patung Adipura, Pesiapan, Desa Dauh Peken.  Hasilnya, ada 8 orang kedapatan melanggar, 4 orang dikenai denda dan 4 orang lagi diberikan pembinaan. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *