MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen menuntaskan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya khususnya di daerah pariwisata. Setelah suksesnya pelaksanaan vaksinasi pada zona hijau, akan dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi di luar zona hijau.

Bahkan, mulai Kamis (8/4) ini, vaksinasi dilaksanakan di luar zona hijau yang meliputi Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta dan Kabag Humas Made Suardita di Rumah Jabatan Wakil Bupati Puspem Badung, Rabu (7/4).

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan pelaksanaan vaksinasi fase kedua ini diprioritaskan menyasar para pelaku pariwisata, petugas publik dan lansia. Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemkab Badung akan melibatkan 56 tim dan ditargetkan tuntas sebelum Galungan. “Target kami sebelum Galungan sudah tuntas,” tegasnya.

Baca juga:  Tren Penurunan Kasus Harian COVID-19 Bali Masih Terjadi

Suiasa mengatakan untuk di Kuta akan diterjunkan 26 tim dan di Kuta Selatan 30 tim yang merupakan kolaborasi petugas vaksinator dari Puskesmas, RS Mangusada, Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unud, Stikes Bina Usada, Stikes Mandiri Mumbul Nusa Dua. Untuk jumlah sasaran dikatakan sekitar 68 ribu terdiri dari 51 ribu di wilayah Kuta dan 17 ribu di wilayah Kuta Selatan.

“Untuk wilayah Kuta Selatan menyasar desa di luar zona hijau yang meliputi Desa Ungasan, Kutuh dan Pecatu sedangkan di Kuta meliputi 5 kelurahan yakni Seminyak, Legian, Kuta, Tuban dan Kedonganan,” ujarnya

Baca juga:  Vaksinasi Pedagang Pasar di Badung Dimulai

Untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi ini Suiasa mengajak kerjasama dan sinergitas seluruh perangkat daerah terkait, perbekel, lurah, kelian dinas, kepala lingkungan tempat dilaksanakannya vaksinasi. Hal ini guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita harus selalu siap untuk bergerak dan menghimbau kepada masyarakat kalau vaksinasi akan dilaksanakan. Inilah yang harus kita skemakan bersama agar saat dilakukan vaksinasi tidak terjadi kesalahpahaman serta penumpukan saat vaksinasi,” katanya.

Ia mengharapkan kerjasama perbekel, lurah, kelian dinas dan kaling dalam menyiapkan tempat yang representatif untuk kelancaran vaksinasi. Untuk kelancaran kegiatan ini dikatakan juga petugas data dan pencatat kesehatan sudah disiapkan.

Baca juga:  Perluasan Zona Hijau di Badung Sasar Mengwi

Demikian pula dengan jaringan internetnya sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kominfo agar jaringan internet di lokasi vaksinasi tersebut diperkuat dan diprioritaskan supaya pelaksanaan vaksin dapat terlaksana tertib dan lancar.

Suiasa melanjutkan untuk pencapaian zona hijau merupakan harapan bersama. Karena dengan telah divaksinnya seluruh masyarakat Kuta dan Kuta Selatan yang merupakan kawasan pariwisata dan Badung umumnya , tentunya akan memberi kepercayaan diri kepada masyarakat. “Apalagi dalam menyambut pembukaan pariwisata sesuai yang ditargetkan oleh Bapak Presiden,” pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *