Umat melakukan persembahyangan di Pura Besakih. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kendati masih dalam situasi pandemi COVID-19, umat Hindu yang melakukan persembahyangan serangkaian Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Minggu (4/4), cukup banyak. Saat melakukan persembahyangan, umat tetap menetapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pemedek yang hendak melakukan persembahyangan sejak pagi sudah berdatangan ke Besakih. Pemedek tangkil melalui semua pintu masuk, mulai dari jalur Batusesa, Tegenan Menanga, termasuk lewat jalur Kintamani.

Baca juga:  Nyepi di Era Pandemi, Momentum Bangkit dengan Semangat Baru

Bahkan kantong-kantong parkir yang ada di areal Pura Batumadeg, diantaranya Ulun Setra hampir penuh berisi kendaraan roda empat. Dibandingkan saat karya tahun lalu, karya tahun ini lumayan banyak pemedek yang melakukan persembahyangan.

Salah seorang pengayah di Pura Kawitan Besakih, I Nyoman Sudana, mengakui kalau jumlah krama yang melakukan persembahyangan masih landai. Tapi, kalau dilihat dari tahun lalu, saat ini jumlah pemedek sedikit lebih banyak. “Tahun ini lumayan banyak pemedek yang tangkil. Bahkan kemarin sampai dini hari ada saja pemedek yang sembahyang,” ucapnya.

Baca juga:  Seratusan Ribu Warga Karangasem Sudah Divaksinasi

Sudana, menjelaskan, mulai bertambahnya pemedek yang tangkil karena mereka sudah jenuh dengan situasi ini. Mereka sembahyang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak saat melakukan persembahyangan.

“Mereka ingin nunas kerahayuan, makanya mereka sembahyang,” katanya.

Ia menyatakan, hari ini dipastikan pemedek kembali ramai melakukan persembahyangan karena hari libur terakhir sebelum karya disineb 8 April.

Jro Mangku Suyasa, mengatakan, kalau pemedek yang tangkil masih landai. Namun, kalau dibandingkan saat karya tahun lalu, pemedek sekarang ini sedikit lebih ramai. “Ya pemedek sedikit lebih banyak. Sejak tanggal merah mulai ada peningkatan pemedek,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Nekat Mendaki, Turis Rusia Bermeditasi Sebelum Diajak Turun Gunung Agung

Foto Bali Post/kmb41

Sembahyang—-Pemedek saat melakukan persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *