Umat Hindu bersembahyang di Pura Besakih serangkaian nyejer Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) pada 2020. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Karya Ida Betara Turun Kabeh (IBTK) tetap bakal dilaksanakan di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, di tengah situasi pandemi COVID-19. Hanya saja, pelaksanaannya lebih singkat dari tahun-tahun sebelum pandemi melanda.

Mangku Widiartha, Minggu (21/2), mengungkapkan, untuk pelaksanaan karya IBTK tetap berjalan seperti biasa. Untuk pelaksanaan karya, nyejer selama 11 hari. “Kita sudah gelar paruman terkait pelaksaan karya ini. Karya disepakati nyejer 11 hari, mulai dari 29 Maret 07 April 2021. Untuk puncak karya jatuh pada 28 Maret, dan Nyineb 8 April,” ucapnya.

Widiartha, menjelaskan, untuk pemelastian ida bhatara ke Tegal Suci, Banjar Tengenan, Desa Menanga tidak dilakukan karena menghindari terjadinya kerumuman. Melasti ke Tegal Suci (Ngubeng) di Bencingah Besakih.

Baca juga:  Diduga Pengedar Narkoba, Oknum Kadus Ditangkap

Upacara melasti ngubeng ini berlangsung pada 26 Maret. “Nanti tirta di tegal suci di-tunas untuk upacara di Bencingah Agung. Upacara nanatinya, akan dilakukan oleh panitia karya yang dipuput oleh sulinggih,” ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk rangkaian Tawur Tabuh Gentuh Lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh Ring Pura Agung Besakih, mulai pada Buda Pon Tulu 3 Maret. Dilakukan upacara Ngaturang Pemiut, Negtegang, Ngunggahang Sunari dn Pengrajeg lan pengemit Karya.

Baca juga:  Akhirnya, Hindu Memiliki Universitas Negeri

Selanjutnya, pada Buda Kliwon Gumbreg 10 Maret, dilakukan upacara Piuning Mider. Pada Sukra Paing Gumbreg 12 Maret upacara Mepepada lan Bumhi Sudha Memben, Saniscara Pon Gumbreg 13 Maret, Tawur Tabuh Gentuh, Anggara Manis Wariga 16 Maret, Penglemek Tawur Tabuh Gentuh, Wrehaspati Kliwon Warigadean 25 Maret, upacara Nuur Tirta, dan Nedunang Ida Bethara, Sukra Umanis Warigadean 26 Maret, Melasti ke Tegal Suci (Ngubeng) di Bencingah Besakih.

Kemudian, pada Saniscara Paing Warigadean 27 Maret dilaksanakan upacara Mepepada. Redite Pon Julungwangi 28 Maret 2021 merupakan Puncak Karya Ida Betara Turun Kabeh.

Baca juga:  Dua Bank Pilih Tutup Operasionalnya di Amlapura

Soma Wage Julungwangi 29 Maret Penganyar dari Kabupaten Karangasem, Anggara Kliwon Julungwangi 30 Maret Penganyar dari Kabupaten Klungkung, Buda Umanis Julungwangi 31 Maret Penganyar/Pengelemek, Wrespati Paing Julungwangi Penganyar Kabupaten Gianyar, Sukra Pon Julungwangi 2 April Penganyar dari Kabupaten Bangli, Saniscara Wage Julungwangi 3 April Penganyar dari Kota Denpasar, Redite Kliwon Sungsang 4 April Penganyar Kabupaten Jembrana, Soma Umanis Sungsang 5 Apri, Penganyar dari Tabanan, Anggara Paing Sungsang 6 April Kabupaten Badung, Buda Pon Sungsang 7 April Penganyar dari Kabupaten Buleleng, Wrehaspati Wage Sungsang 8 April 2021 Penganyar dari Panitia Besakih sekaligus upacara Penyineban. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *