I Gusti Ngurah Kartika. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Karangasem sampai saat ini masih kekurangan cukup banyak tenaga pendidik atau guru. Kondisi itu, membuat Disdikpora memaksimalkan guru yang ada. Kepala Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan hal itu, Rabu (24/3).

Kartika, mengatakan, saat ini guru berstatus PNS dari jenjang TK, SD dan SMP mencapai 3.647 guru. Dari jumlah itu, kebutuhan guru paling banyak ada pada jenjang SD yang mencapai 2.613 guru. Sisanya SMP yang mencapai 770 dan TK yang berjumlah 84 orang.

Baca juga:  2019, Badung Berencana Bangun 2 Gedung SMPN

“Kalau dilihat, kita membutuhkan ketersediaan tenaga pengajar yang berstatus PNS sekitar 4.894 guru. Sehingga dengan ketersediaan guru saat ini, Karangasem masih kekurangan guru PNS sebanyak 1.427 guru,” Ucapnya.

Menurut, Kartika, selama ini untuk menutupi kekurangan guru PNS ini, pihaknya memakai tenaga guru honorer, guru kontrak dan guru abdi yang membantu mengisi kekosongan tersebut. Menurutnya, kebutuhan guru dinilai sangat mendesak. Sebab, untuk standar pelayanan meski guru berstatus PNS.

Baca juga:  Pecat ASN Secara Tak Hormat, Bupati Bangli Di-PTUN-kan

“Selama ini guru PNS ini merangkap di beberapa mata pelajaran. Karena tidak ada guru yang mengisi mata pelajaran itu. Pada intinya, kekurangan guru PNS terjadi hampir merata di seluruh Kecamatan yang ada di Karangasem,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *