Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin untuk disuntikkan pada penerima. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Vaksinasi di tiga lokasi, yaitu Sanur, Nusa Dua dan Ubud, akan digelar pada akhir Maret 2021. Pihak pemerintah provinsi Bali melalui Dinas Kesehatan, mulai melakukan persiapan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr Ketut Suarjaya, saat ini pihaknya masih menunggu distribusi vaksin dari pemerintah pusat. Vaksin ini nantinya akan digunakan untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi masyarakat yang ada di tiga lokasi itu.

Dikatakan dr Suarjaya, sebanyak 340 ribu dosis vaksin akan segera tiba di Bali. Ini tentu sudah ditunggu-tunggu agar program menuju kawasan hijau bisa segera terwujud. “Iya vaksinnya segera akan datang. Ada sekitar 340 ribu dosis yang akan datang,” kata kadis Suarjaya saat dikonfirmasi, Kamis (18/3).

Baca juga:  Ruang Kerja Mang Jangol Digeledah

Sambil menunggu pelaksanaan vaksinasi di tiga lokasi yang ditetapkan menjadi zona hijau, vaksinasi tahap ke 2 masih terus berjalan. Dari data yang ada, sampai saat ini rata-rata vaksinasi sekitar 12.000 orang dalam sehari untuk di seluruh Bali. “Rata-rata sekitar 12.000 vaksinasi sehari seluruh Bali,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan penduduk dan para pekerja sektor usaha yang ada di 3 kawasan ini akan segera divaksin sebanyak 2 kali, direncanakan mulai dilaksanakan pada akhir Maret 2021. “Keputusan 3 Zona Hijau ini juga telah disetujui Bapak Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada saat meninjau vaksinasi massal di Ubud pada Anggara, Umanis, Wariga, Selasa (16/3) lalu,” ujar Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini, pada Buda, Paing, Wariga, Rabu (17/3).

Baca juga:  I Made Manipuspaka Deg-degan Tampil di Korea

Secara rinci, jumlah penduduk dan pekerja sektor usaha yang akan divaksin di Kawasan Ubud meliputi Desa/Kelurahan Ubud, Sayan, Kedewatan, dan Petulu yang jumlah penduduknya sebanyak 32.153 orang dan pekerja sektor usaha sebanyak 14.892 orang dengan total sebanyak 47.045 orang.

Sementara di Kawasan Nusa Dua dan sekitarnya meliputi Desa/Kelurahan Jimbaran, Benoa, Tanjung Benoa, dan Tuban serta ITDC yang terdiri dari jumlah penduduk sebanyak 78.458 orang dan pekerja sektor usaha sebanyak 8.373 orang dengan total sebanyak 86.631 orang.

Baca juga:  Cuma Satu Zona Orange Catat Tambahan Belasan Warga Terjangkit COVID-19

Sedangkan Kawasan Sanur meliputi Kelurahan Sanur, Sanur Kaja dan Sanur Kauh yang terdiri dari jumlah penduduk sebanyak 26.896 orang dan pekerja sektor wisata sebanyak 8.831 orang, dengan total sebanyak 35.727 orang.

Total jumlah orang di 3 kawasan itu yang akan memperoleh vaksin adalah 169.403 orang. Sedangkan jumlah vaksin yang diperlukan untuk dua kali penyuntikan sebanyak 338.806 dosis. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *