Pebasket PON Bali. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim basket PON putra Bali diam-diam tetap mematok target medali pada PON di Papua, Oktober. Apalagi, di antara skuad tim PON terdapat enam pebasket yang mengusung bendera Bali United, pada ajang kompetisi basket bergengsi di Tanah Air Indonesia Basketball League (IBL).

Keenam pebasket PON yang membela Bali United adalah Winston Swenjaya, I Putu Yudiantara, I Putu Bagus Arya, Wijanata Kesawa, Irvine Kurniawan dan Reza Yohanes. Pelatih tim PON Gusti Ngurah Rusta Wijaya menyatakan, keenam pebasket ini sedang berlaga di ajang IBL, dari 10 Maret – 10 April. “Kami bersyukur anak-anak ini bisa menambah pengalaman bertanding dan jam terbang, selama melakoni kompetisi IBL,” sebut Ngurah Rusta Wijaya, Selasa (16/3).

Baca juga:  Heni Prikasih Proyeksi SEA Games

Dijelaskannya, tim basket Bali United tercatat tiga kali berlaga dan hasilnya dua kali memetik kemenangan serta sekali kalah. Kompetisi IBL ini melibatkan 12 tim kontestan dan bagi peringkat delapan besar berhak melaju ke babak play-off. “Sebagai tim pendatang baru di ajang IBL, prestasi Bali United lumayan,” terangnya.

Ia mengakui, jika keenam pebasket sudah menuntaskan kompetisi IBL, maka mereka secepatnya bergabung kembali ke tim PON. Sementara, sisa pebasket PON yang di Bali tetap menjalani pola latihan yang ditangani asisten pelatih Made Indra. “Pemain yang di Bali tetap mengagendakan latihan 3-4 kali dalam sepekan di GOR Ngurah Rai,” kata dia.

Baca juga:  Undiksha Sabet Dua Medali di Smarcup 2017

Ngurah Rusta menilai, peta kekuatan basket di PON Papua cukup berimbang, utamanya berdatangan dari tim-tim tangguh seperti DKI, Jabar, Jatim, dan tuan rumah Papua. Bahkan, tim basket putra Bangka Belitung (Babel) juga ikut berlaga pada kompetisi IBL. “Tim basket provinsi Babel ini beberapa pemainnya membela klub Satya Wacana Salatiga,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Ngurah Rusta, pihaknya tetap mematok target medali, caranya target yang diemban tim Bali secara berkala tiap babak demi babak yang dilaluinya. “Saya kira seluruh tim PON tetap ingin merebut medali. Saya selaku pelatih tim PON Bali juga sangat mendambakan agar anak-anak bisa pulang menggondol medali,” jelasnya.

Baca juga:  Rencana Jalur Trem di Kuta, DPRD Badung Ngaku Tak Tahu

Hingga kini total skuad tim PON Bali berjumlah 13 pemain dan kelak yang masuk tim dan berangkat ke Bumi Cendrawasih hanya 11 pebasket. “Jadi, pebasket PON sudah mengerucut dan tinggal mencoret dua pemain lagi,” tegasnya. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *